Menjelajah Pesona Wisata Danau Toba, Samosir

Danau Toba termasuk salah satu tujuan wisata andalan di ujung barat Kepulauan Indonesia. Dengan luas sekitar 1.500 kilometer persegi, danau ini tercatat sebagai danau terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Keindahan panorama yang menakjubkan Danau Toba telah membuatnya tersohor di dalam dan luar negeri. Tempat ini tak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Dahsyatnya Sejarah Geologis Danau Toba

letak danau toba
Danau Toba terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tepatnya di Kecamatan Merek. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi raksasa sekitar 75 ribu tahun yang lalu. Gunung raksasa ini dikenal dengan nama Gunung Toba dan termasuk salah satu gunung api terbesar di dunia saat itu yang berpengaruh besar pada kehidupan bumi selanjutnya.

Letusan dahsyat gunung tersebut diyakini telah menyebabkan tingkat kematian yang sangat tinggi, yaitu mencapai setengah dari jumlah populasi bumi saat itu. Hal ini berdasarkan penemuan dan penelitian bahwa abu vulkanik yang disemburkan Gunung Toba ditemukan menyebar di berbagai negara.

Semburan abu tersebut berdampak langsung pada kehidupan manusia, walau berjarak puluhan ribu kilometer dari pusat semburan. Misalnya pada beberapa daerah di India, ditemukan jejak-jejak bertahan hidup yang menunjukkan bagaimana manusia zaman dulu terdampak abu vulkanik. Ditemukan pula perkampungan yang tertimbun abu sangat tebal. Letusan dahsyat tersebut juga meyebabkan kepunahan berbagai spesies makhluk hidup.

Danau Toba awalnya adalah kawah raksasa yang kini terisi air dan menjadi sebuah danau besar. Di tengah danau terdapat sebuah pulau vulkanik nan indah, yaitu Pulau Samosir. Terlepas dari sejarah geologisnya yang mencekam, kini Danau Toba telah menjelma menjadi danau besar dengan panorama mengagumkan.

Pesona Wisata Danau Toba

pesona danau toba
wisatasumutpaten.com

Danau Toba menyuguhkan pemandangan eksotik khas ekosistem danau. Sentra wisatanya terdapat di Tuktuk, Pulau Samosir. Selain wisata alam, Danau Toba juga menyuguhkan wisata budaya, tepatnya budaya Suku Batak yang merupakan penduduk asli wilayah ini. Anda bisa menjumpai rumah atau bangunan tradisional khas Batak, peninggalan zaman kuno, kesenian tradisional, dan sebagainya.

Di Tuktuk, fasilitas wisata sudah tersedia dengan baik. Anda bisa menemukan berbagai pilihan penginapan maupun tempat makan yang sesuai dengan selera. Sarana permainan air pun sudah tersedia.

pulau samosir danau toba
daftartempat.com

Pulau Samosir sendiri merupakan pulau vulkanik yang berada persis di tengah Danau Toba yang ada di Pulau Sumatera. Bisa dikatakan Pulau Samosir adalah pulau di tengah pulau. Meski berada di tengah danau, Pulau Samosir masih terhubung dengan Pulau Sumatera karena ada daratan kecil yang mengikatnya. Daratan bernama Pangururan ini menjadi akses darat para pengunjung menuju Pulau Samosir. Sedangkan akses air bisa ditempuh dengan kapal feri yang berangkat dari Parapat.

Di Pulau Samosir, Anda bisa menemukan dua danau kecil, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Jika dilihat dari atas, kedua danau tersebut tampak seperti danau di tengah danau.

penginapan danau toba
ranselkecil.com

Danau Sidihoni terletak di Kecamatan Pangururan. Air danau ini sering terlihat berubah warna dan diyakini penduduk setempat memiliki hubungan dengan kejadian-kejadian besar di Indonesia. Airnya yang jernih bisa memantulkan pemandangan alam di sekelilingnya. Sedangkan Danau Aek Natonang berada di Kecamatan Simanindo.
Ukurannya lebuh kecil dari Danau Sidihoni, namun kondisi lingkungannya bisa dikatakan serupa.

danau sidihoni
ceritadisana.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam dalam suasana sepi, tempat ini sangatlah cocok. Namun karena belum dikelola secara profesional, kawasan ini belum dilengkapi fasilitas memadai untuk wisatawan. Bahkan pada beberapa titik, air Danau Sidihoni digunakan warga setempat untuk mandi dan cuci.

Berbagai upaya tengah dilakukan untuk menggerakkan potensi wisata Danau Toba agar lebih menarik lagi. Salah satunya adalah dengan digelarnya Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016. Acara ini berhasil mendongkrak citra Danau Toba sebagai tempat wisata potensial.

Lihat juga: Berwisata ke Tongging, Nikmati 3 Suguhan Sekaligus, Gunung, Air Terjun dan Danau

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.