Event Tahunan di Semarang

Setiap daerah tentu memiliki keunikan sendiri tiap tahunnya dalam mengemas acara lewat sajian yang unik. Semarang tiap tahunnya selalu mengadakan event yang berbeda-beda sesuai dengan perayaan atau peristiwa yang terjadi. Berikut event tahunan di Semarang:

Dugderan

dugderan semarang
travel.tribunnews.com

Setiap menjelang bulan Ramadhan kota Semarang selalu menyambutnya dengan mengadakan Dugderan yang diselenggarakan di dekat Pasar Johar. Dugderan sudah menjadi event wajib menjelang Ramadhan kota Semarang karena telah dilakukan sejak tahun 1881. Hal itu bermula dari ikon event ini yaitu Warak Ngendog. Dugderan sendiri memiliki perpaduan kata Dugdug yang merupakan bunyi bedug dan derder dari meriam saat acara dimulai. Acara ini berlangsung selama sepekan dan diramaikan oleh karnaval budaya.

Pasar Imlek Semawis

Pasar Imlek Semawis
hipwee.com

Pada tahun 2004 hari raya Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional. Untuk menyambut suka cita tersebut etnis Tionghoa Semarang membuat Pasar Imlek Semawis di daerah Pecinan. Event ini dilakukan tiap tahunnya menjelang imlek. Banyak pertunjukan yang bisa disaksikan seperti barong sai, pertunjukan wayang potehi, beragam lampion, serta aneka macam kuliner yang bisa ditemui disini.

Semarang Night Carnival

Semarang Night Carnival
krjogja.com

Hari jadi kota Semarang merupakan peristiwa yang harus dirayakan oleh setiap warganya. Karena itu untuk menyambut hari jadi kota Semarang pemerintah menyelanggarakn Semarang Night Carnival. Event yang tiap tahun dirayakan ini diikuti oleh ratudan peserta karnaval dari berbagai sekolah yang menampilkan berbagai kreasi kostum. Event ini sendiri diselenggarakan pertama kali pada tahun 2011.

Loenpia Jazz

Loenpia Jazz
mncplay.id

Festival Loenpia Jazz adalah event tahunan terbesar untuk memperingati hari jadi komunitas Jazz Ngisoringin. Komunitas ini telah mengadakan festival tersebut sejak tahun 2011. Event yang diselenggarakan pun berbeda dan unik, sehingga mampu menarik ribuan penonton dari berbagai daerah di Indonesia. Tiap tahunnya tema yang diusung oleh komunitas ini selalu berbeda dan dimeriahkan oleh banyak penghibur.

Perayaan Sam Poo Tay Dijen (Cheng Ho)

Perayaan Sam Poo Tay Dijen (Cheng Ho)
photo.sindonews.com

Perayaan Sam Poo Tay Djien adalah acara yang diselenggarakan menyambut pendaratan Laksamana Cheng Ho di Semarang. Menurut masyarakat Tionghoa semarang Laksamana Cheng Ho mendarat di Semarang pada bulan keenam penanggalan Imlek. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan seperti barongsai dan arak-arakan duplikat patung Cheng Ho dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong.

Festival Banjir Kanal Barat

Festival Banjir Kanal Barat
news.okezone.com

Berbeda dengan festival yang lain, festival banjir kanal barat berada di tepi sungai banjir kanal. Festival ini mempertunjukkan beragam bazar aneka produk dan dimeriahkan dengan pesta kembang api serta menerbangkan ribuan lampion. Tentu saja tepi sungai yang biasanya sepi menjadi lebih indah dengan ribuan pengunjung serta lampion-lampion yang berwarna warni. Acara ini biasanya diadakan pada bulan Mei sekaligus memperingati hari jadi kota Semarang.

Festival Kota Lama

Festival Kota Lama
phinemo.com

Festival Kota Lama wajib dikunjungi saat berada di Semarang. Event yang muncul pada bulan September ini sangat menarik karena venuenya yang special. Bangunan-bangunan Belanda yang berserajah di Kota Lama menjadi lebih semarak karena adanya pameran serta acara.

Pasar Seni TBRS

Pasar Seni TBRS
jateng.tribunnews.com

Beragam event dilakukan untuk memperingati hari jadi. Namun, untuk melestarikan seni dan budaya, Dewan Kesenian Semarang mengadakan event yang bertajuk seni dan budaya. Acara ini diselenggarakan di komplek Taman Budaya Raden Saleh. Berbagai macam acara yang bernuansa seni ditunjukkan untuk mengenalkan seni pada masyarakat seperti workshop penulisan, pementasan sastra, teater, pameran seni dan masih banyak lagi. Ada pula hasil karya seni seperti mural, patung, lukisan yang bisa ditemukan di acara ini.

Wayang Orang Ngesti Pandawa

Wayang Orang Ngesti Pandawa
myimage.id

Bagi masyarakat Semarang yang telah hidup lama, mungkin tidak asing lagi dengan Ngesti Pandawa. Ngesti Pandawa adalah grup wayang orang legendaris yang merupakan salah satu ikon budaya di kota Semarang. Grup ini beranggotakan Sastro Budoyo, Narto Sabdo, Darso Sabdo, Sastro Soedirjo dan Kusni. Grup wayang ini pertama kali didirikan pada tanggal 1 Juli 1937. Hingga saat ini grup wayang ini masih rutin mengadakan pementasan pada Sabtu malam. Pastikan jika berlibur ke kota Semarang untuk tidak melewatkan event ini.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.