Yuk , Explore Wonosobo !!

Kota Wonosobo merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang punya banyak spot-spot wisata untuk di explore. Kota Wonosobo memiliki julukan Kota Bunga dan terkenal dengan buah Carica. Di bawah ini ada 8 dari sekian banyaknya spot wisata yang ada di Wonosobo, antara lain:

1. Bukit Pandang atau Batu Ratapan Angin

https://wisatadieng.net/batu-ratapan-angin/

Batu Ratapan Angin merupakan tumpukan dua buah batu di atas sebuah bukit di area Telaga Warna Dieng. Posisi batu yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar memberikan suara yang indah bagi telinga para pengunjung. Hembusan angin yang berputar yang membuat daun-daun pepohonan bergoyang menghasilkan bunyi gemerisik halus seperti siulan dan ratapan. Karena suara tersebut sehingga dinamakanlah Batu Ratapan Angin. Dari Puncak Bukit Pandang ini pengunjung dapat melihat keindahan Telaga Warna secara jelas dan melihat jajaran bukit-bukit yang mengelilingi.

2. Telaga Warna

https://wisatalengkap.com/

Telaga warna dieng berada pada ketinggian 2000 mdpl. Bukit-bukit yang mengelilingi Telaga semakin mempercantik pemandangan. Telaga Warna merupakan telaga atau danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang dan menariknya apabila air yang ada di telaga terkena sinar matahari maka memantulkan sinar warna warni karena kandungan bahan mineralnya. Warna yang biasanya dipantulkan yaitu warna biru dan kuning ataupun hijau dan kuning. Telaga warna juga memiliki mitos yaitu pada dahulu ada sebuah cincin milik bangsawan yang memiliki kekuatan / bertuah terjatuh ke dalam telaga warna sehingga mengakibatkan warna-warni pada telaga. Singkat cerita cincin tersebut mengakibatkan warna warni pada telaga warna. Selain telaga yang indah, disekitar telaga tersebut juga terdapat berbagai macam goa.

3. Kawah Si Kidang

http://paket-tripmurah.com/

Kawah Si Kidang adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan vulkanik Dataran Tinggi Dieng dikelilingi batuan belerang yang mengepulkan uap panas disertai gejolak air mendidih berwarna kelabu. Pengunjung harus memakai masker ketika berkunjung ke kawah si kidang karena bau belerangnya sangat menyengat. Penduduk setempat memberi nama dengan sebutan Kawah Si Kidang karena bagaikan seekor kidang (rusa) yang selalu melompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain. Kawah ini dikelilingi oleh perbukitan yang semakin menambah keeksotisan kawah tersebut.

4. Bukit Sikunir

https://wisatalengkap.com/

Bukit yang berlokasi di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah merupakan sebuah bukit yang memiliki banyak kesan karena dari sinilah kita dapat melihat dan menikmati keindahan Golden Sunrise “Penampakan Matahari Terbit Terbaik” se-Asia Tenggara. Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2232 mdpl. Di puncak Sikunir para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan gunung-gunung yang berjejer diantaranya Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja, dan lainnya.

5. Gunung Prau

https://wisatalengkap.com/

Gunung Prau terletak pada ketinggian 2565 mdpl. Gunung Prau terletak pada koordinat 7° 11′ 13″ LS, 109° 55′ 22″ BT secara Astronomis. Di atas puncak Gunung Prau sering di jadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise Prau yang spektakuler selain Golden Sunrise Sikunir. Untuk bisa sampai ke puncak memang butuh perjuangan ekstra apalagi sehabis hujan karena jalur pendakian cukup menguji nyali para pendaki maupun pengunjung. Namun pemandangan keindahan yang sangat indah akan kita dapatkan jika cuaca sedang bagus “tidak berkabut”.

6. Kebun Teh

https://wisatalengkap.com/

Perkebunan Teh Tambi merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Sedayu Wonsobo. Hamparan teh yang berwarna hijau segar dengan udara dingin sejuk membuat para pengunjung menjadi fresh kembali. Produk dari hasil perkebunan teh Tambi hampir 80% di jual ke perusahaan lokal maupun internasional. Produk teh dikemas menjadi Teh Hitam dan Teh Hijau dengan lambang Punokawan sebagai ciri khas.

7. Bukit Seroja

www.kompasiana.com

Bukit Seroja berlokasi di desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Sebelum memasuki Bukit Seroja, pengunjung akan disuguhi pemandangan Telaga Menjer yang berada pada kawasan PLTA Garung. Dari atas Bukit Seroja ini pengunjung dapat menikmati luasnya Telaga Menjer. Pemandangan Bukit Seroja juga tidak kalah menarik dan indah karena terdapat spot-spot “tempat tinggi” yang bisa pengunjung gunakan untuk berfoto dengan background Telaga Menjer.

8. Telaga Menjer

https://wisatalengkap.com/telaga-menjer

Telaga Menjer berlokasi di Maron Wonosobo Jawa Tengah. Telaga Menjer merupakan sebuah telaga buatan yang difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Garung dan sekarang mulai dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang cukup menarik. Telaga Menjer terbentuk dari sebuah letusan kaki gunung pakuwaja yang dulunya aktif. Udaranya yang begitu sejuk dan dengan disuguhi pemandangan Gunung Sindoro yang indah membuat para pengunjung merasa damai di tempat ini. Para pengunjung dapat menyusuri telaga warna dengan menaiki perahu yang disewakan dan kalau ingin memancing juga bisa hlo.

Wonosobo bukan hanya memiliki 8 tempat wisata yang mempesona dan dapat memanjakan mata pengunjung. Masih banyak lagi spot-spot wisata di Wonosobo. So… keluarlah dari zona amanmu dan yuk explore Wonosobo !!

loading...
Afit Lilis Damayanti
Afit Lilis Damayanti
Prajurit

Keluar dari Zona Nyamanmu dan temukan Keseruan di Luar sana :)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.