Festival Jakarta Terfavorit 2017 Yang Diadakan Setiap Tahun

Jakarta memiliki banyak acara atau festival yang sangat menarik untuk dikunjungi. Banyak di antaranya adalah festival tahunan, alias diadakan rutin setahun sekali. Festival jakarta ini terbuka untuk umum, boleh dikunjungi oleh masyarakat dari dalam maupun luar Jakarta. Tujuan diadakannya festival tahunan ini antara lain sebagai fasilitas hiburan warga Jakarta untuk melepas stres akibat beban kerja dan beban hidup di Jakarta yang memang penuh tekanan.
Berikut ini adalah beberapa festival Jakarta yang menjadi andalan dan favorit warga Jakarta.

Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Pekan raya jakarta
nowjakarta.co.id

PRJ termasuk pameran terbesar dan terlengkap yang bisa dinikmati setahun sekali. Acara ini selalu dipadati pengunjung yang jumlahnya mencapai ribuan. PRJ digelar sebagai tempat hiburan rakyat dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta. Aneka produk berkualitas dipamerkan dan dijual di sini. Seperti pakaian, aksesoris, kerajinan tangan, elektronik, otomotif, makanan dan minuman.

PRJ diadakan pertama kali pada tahun 1968. Awalnya, acara ini diadakan sebagai sarana memperkenalkan produk dalam negeri agar lebih dikenal luas sehingga meningkatkan pemasarannya. Bagi penggiat usaha kecil dan menengah, PRJ adalah tempat yang tepat untuk mendongkrak penjualan. Bagi pengunjung, ini adalah tempat hiburan dan belanja.
Selain pameran produk, PRJ juga dilengkapi beberapa panggung untuk konser musik. Panggung utamanya sering diisi oleh penyanyi maupun grup band ternama Indonesia.

Jakarta Fashion Week (JFW)

Jakarta Fashion Week (JFW)
jakartakita.com

JFW adalah festival Jakarta yang terbesar di Asia Tenggara dalam bidang mode. Dalam gelaran yang diselenggarakan selama sepekan ini, para desainer profesional memamerkan karya-karya terbaiknya. JFW termasuk gelaran bertaraf internasional. Hal ini terlihat dengan banyaknya tamu asing yang datang terlibat, di antaranya adalah para model internasional. Mereka yang datang memiliki latar belakang yang berbeda, misalnya stylist, jurnalis, artis, dan masyarakat umum.

Jakarta Fashion Week (JFW)
youtube.com

JFW diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008 dan berjalan rutin setiap tahun hingga sekarang. Ajang ini telah menjadi salah satu kiblat fashion dunia. JFW diakui dunia fashion internasional berhasil mencetak karya-karya baru yang luar biasa. Ajang ini menjadi kesempatan emas bagi desainer muda dan pemula untuk unjuk karya dan prestasi, serta tentunya menambah wawasan dan sumber inspirasi karya berikutnya.

Jakarta International Film Festival (JIFFEST)

Jakarta International Film Festival
ganlob.com

JIFFEST pertama kali digelar pada tahun 1999 dan rutin diadakan setahun sekali hingga sekarang. Para pecinta film sangat menantikan gelaran ini. Di sini, bisa dinikmati berbagai film baik buatan dalam negeri maupun luar negeri. Film-film yang diputar di sini adalah film-film pilihan yang dijamin tidak hanya dapat menghibur, tapi juga menambah wawasan para penontonnya.

Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF)

Jakarta International Java Jazz Festival
worldpeaceorchestra.com

JIJJF termasuk gelaran musik terbesar di Jakarta yang diselenggarakan setiap tahunnya. Sesuai namanya, dalam festival ini menghadirkan musisi jazz kelas dunia. Mereka yang pernah tampil antara lain James Brown, Chaka Kan, Dave Koz, Eric Bennet, Sergio Mendes, dan masih banyak lagi. JIJJF juga menjadi ajang tampil musisi jazz Indonesia, seperti Andien, Mus Mujiono, Glenn Fredly, Maliq & D’Essential, The Groove, Ten 2 Five, serta Ruth Sahanaya.

Jakarta International Java Jazz Festival
wartajazz.com

JIJJF pertama kali diadakan pada tahun 2005 atas prakarsa Peter F Gonta. Meski mengusung musik jazz pada namanya, namun ada juga pertunjukan jenis musik lainnya, seperti musik reggae, soul, serta R&B. JIJJF selalu dipadati pengunjung yang jumlahnya mencapai lebih dari 130 ribu orang. Setiap tahunnya, JIJJF digelar pada bulan Maret dengan bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran atau Jakarta Convention Center Senayan.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.