Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau dan dianugrahi oleh Tuhan gunung-gunung yang indah dan mempesona yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari berbagai gunung yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya merupakan tujuan favorit para pendaki gunung. Kenapa menjadi favorit ?

Karena, gunung-gunung tersebut memiliki pemandangan dan pesona yang luar biasa dan hanya bisa dinikmati saat kita mendakinya. Rasa lelah ketika melewati track pendakian yang menanjak akan terobati dengan suguhan lukisan alam yang memukau. Pemandangan padang rumput serta pepohonan yang hijau yang sesekali dihiasi awan putih menjadi sebuah sajian yang akan membuat kita selalu rindu dengan suasana pendakian. Berikut ini adalah 13 gunung pendakian di Indonesia yang wajib dikunjungi yang memiliki pesona dan pemandangan yang indah:

1. Gunung Rinjani, Lombok (3.727 mdpl)

http://www.hikingrinjani.com/

Gunung Rinjani adalah gunung yang komplit. Gunung yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki padang sabana cantik yang ditumbuhi bunda edelweis, ia juga punya pemandangan sunrise yang menawan. Dari semua keindahan yang ada di Gunung Rinjani, Danau Segara Anak adalah yang paling dicari. Danau yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini merupakan permata paling indah di Gunung Rinjani. Keindahan danau ini juga dapat kita saksikan dari puncak Rinjani. Yang unik dari Gunung Rinjani adalah keberadaan Gunung Barujari yang berada di tengah-tengah Danau Segara Anak. Gunung Barujari adalah gunung yang berada di atas gunung sehingga gunung ini sering disebut sebagai anaknya Gunung Rinjani.

2. Gunung Semeru,Jawa Timur (3.677 mdpl)

lifestyle.liputan6.com

Gunung Semeru merupakan gunung paling indah sekaligus paling tinggi di Pulau Jawa. Gunung ini telah menjadi legenda sejak lama. Mulai dari zaman Su Hok Gie hingga pendaki zaman sekarang. Keindahan gunung ini tak pernah lekang termakan waktu. Keindahan gunung ini membuat para pendaki dari berbagai daerah rela datang jauh-jauh. Gunung Semeru juga merupakan salah satu gunung paling ramai. Maksimal kuota pendakian yang hanya 500 membuat para pendaki kadang harus antre di Ranu Pani. Sama seperti Rinjani, Gunung Semeru juga memiliki permata super cantik dalam diri Ranu Kumbolo. Sebuah danau alami yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl. Di depan Ranu Kumbolo ada Tanjakan Cinta yang juga tidak kalah terkenal di kalangan pendaki. Kemudian ada Oro-oro Ombo yang ditumbuhi oleh bunga lavender. Dengan semua keindahan yang dimilikinya, wajar kalau Gunung Semeru menjadi incaran para pendaki dimanapun berada. Apalagi keindahan gunung ini juga pernah di-film kan.

3. Gunung Prau, Wonosobo (2.565 mdpl)

tiket.tokopedia.com

Gunung Prau merupakan tanah tertinggi dalam barisan Dataran Tinggi Dieng. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat begitu gagah dan elegan. Gunung Prau juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Dieng selain Puncak Sikunir. Gunung Prau memiliki puncak berupa padang rumput yang sangat luas. Di sekitar puncak kita akan melihat barisan bukit-bukit yang sering disebut sebagai Bukit Teletubies. Yang menarik dari Gunung Prau adalah tingginya yang “hanya” 2.565 mdpl dengan track pendakian yang tidak terlalu sulit sehingga siapapun bisa mendaki gunung ini dan menikmati keindahan dari puncaknya. Banyak juga pendaki yang berpendapat bahwa Gunung Prau adalah gunung yang memiliki pemandangan sunrise paling indah.

4. Gunung Merbabu (3.145 mdpl)

http://negeriangin-negeriangin.blogspot.co.id

Gunung yang berada di antara perbatasan Kabupaten Magelang, Boyolali serta Semarang menyajikan keindahan berupa padang sabana yang bisa kita nikmati dari lereng-lereng puncak. Gunung Merbabu sendiri punya beberapa jalur pendakian. Namun, jalur yang dikenal memiliki view paling indah adalah jalur Selo yang berada di kabupaten Boyolali. Mendaki Gunung Merbabu via Selo kita akan disuguhi oleh pemandangan padang sabana yang akan membuat rasa lelah tak terasa dan pemandangan Gunung Merapi yang berada tepat di hadapan mata. Gunung Merapi terlihat sangat indah dari Gunung Merbabu. Di sabana terakhir sebelum puncak, pemandangan semakin indah berkat kehadiran bunga-bunga edelweis yang tumbuh di lereng-lereng bukit. Jika sedang musimnya, pemandangan ini akan terlihat sangat indah dan fotogenik. Gunung Merbabu sendiri punya tiga puncak tertinggi yakni Kenteng Songo, Trianggulasi serta Syarif.

5. Gunung Gede (2.958 mdpl) dan Pangrango (3.019 mdpl)

http://goindospot.com

Tempat yang paling indah di Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana. Tempat ini merupakan padang rumput yang dipenuhi bunga edelweis. Alun-alun Suryakencana merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan sang bunda abadi (Edelweis). Alun-alun Suryakencana berada di ketinggian 2.750 mdpl. Dibalik keindahannya, tempat ini memiliki sebuah mitos. Konon, di Alun-alun Suryakencana kadang-kadang terdengar suara seperti kaki kuda. Suara tersebut dipercaya sebagai suara kuda yang ditunggangi oleh Pangerah Suryakencana bersama rakyat jin. Pangeran Suryakencana sendiri merupakan putra dari pendiri kota Cianjur yakni Pangeran Aria Wiratanudatar dari hubungannya dengan bangsa jin. Menurut mitos, Pangeran Suryakencana bersemayam di sekitar Alun-alun Suryakencana. Apapun mitosnya, yang jelas Alun-alun Suryakencana memiliki pemandangan yang sedap dipandang. Gunung Gede sendiri berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain Gunung Gede, di kawasan taman nasional ini juga terdapat gunung Pangrango yang juga memiliki padang rumput yang dipenuhi Bunga Edelweis.

6. Gunung Papandayan Garut, Jawa Barat (2.665 mdpl)

https://jimzzz.files.wordpress.com

Selain Gunung Gede dan Pangrango yang terkenal dengan Alun-alun Suryakencana serta Mandalawangi, gunung lain di Jawa Barat yang memililiki keindahan serupa (padang bunga edelweis) adalah Gunung Papandayan. Di Gunung Papandayan, tempat dimana bunga-bunga edelweis tumbuh dan memamerkan keindahannya dikenal dengan Tegal Alun. Sebagaimana Suryakencana dan Mandalawangi, Tegal Alun juga merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat indahnya Bunga Edelweis.

Gunung Papandayan sendiri merupakan sebuah gunung yang berada di kabupaten Garut. Gunung ini juga dikenal memiliki beberapa kawah yang dapat kita jumpai di beberapa titik jalur pendakian. Beberapa kawah yang cukup terkenal di Gunung Papandayan antara lain Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

7. Gunung Bromo, Jawa Timur (2.329 mdpl)

https://picture.triptrus.com

Gunung Bromo dikenal sebagai salah satu gunung yang memiliki pemandangan sunsrise yang sangat indah. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pemandangan sunrise di Bromo semakin cantik karna kita bisa melihat rangkaian puncak-puncak gunung di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo juga dikenal dengan gumul pasirnya yang sangat luas. Kendaraan jeep serta kuda menjadi pemandangan yang biasa di Gunung Bromo. Selain pemandangan sunrise serta gumul pasir, Gunung Bromo juga terkenal dengan kawahnya yang bisa kita capai menggunakan tangga yang telah disediakan.

8. Gunung Ijen (2.443 mdpl)

http://www.boston.com/

Gunung lain di Jawa Timur yang memiliki pemandangan spektakuler adalah Gunung Ijen. Gunung ini berada di antara tiga kabupaten di Jawa Timur yakni Banyuwangi Situbondo dan Bondowoso. Namun, pos pendakian gunung ini berada di Desa Paltuding, Kecamatan Kecamatan Licin, Banyuwangi. Yang istimewa dari gunung ini adalah pemandangan api biru yang akan terlihat begitu keren pada dini hari.

Gunung Ijen sangat terkenal dengan pemandangan api birunya. Sebuah fenomena alam langka yang konon hanya ada dua di dunia. Api biru tersebut berasal dari cairan belerang yang ditambang secara tradisional oleh masyarakat di sekitar Gunung Ijen. Untuk menikmati keindahan api biru di Ijen kita bisa mendaki Gunung Ijen pada malam hari. Pemandangan maksimal di Gunung Ijen akan kita dapatkan pada dini hari ketika malam semakin pekat.

9. Gunung Kelimutu (1.639 mdpl)

https://alamendah.org

Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur juga memiliki sebuah gunung dengan pemandangan yang sangat menawan. Gunung tersebut adalah Gunung Kelimutu. Di puncak gunung ini terdapat tiga buah danau yang dikenal dengan Danau Tiga Warna karna masing-masing air di danau tersebut memiliki warna yang berbeda-beda. Warna air di danau ini kadang juga berubah seiring waktu. Ketiga danau tersebut memiliki nama masing-masing antara lain Tiwu Nuwa Muri Koo Fai mengalami perubahan warna 25 kali (danau biru), Tiwu Ata Polo mengalami perubahan warna 44 kali (danau merah) dan Tiwu Ata Mbupu mengalami perubahan warna 16 kali (danau putih). Gunung ini juga memiliki banyak mitos. Salah satu mitos menyebutkan kalau air di ketiga danau ini sampai melebur menjadi satu maka dunia akan kiamat. Masyarakat di sana juga percaya bahwa perubahan air di danau ini (yang perubahannya sangat jarang terjadi) merupakan tanda bahwa telah terjadi sebuah peristiwa alam luar biasa di bumi.

10. Gunung Patuha (2.386 mdpl)

http://goindonesia.tours

Nama gunung ini mungkin masih cukup asing. Namun, jika disebutkan Kawah Putih, semua pasti sudah tahu dimana gunung ini berada. Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang berada di kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih merupakan bagian dari Gunung Patuha yang lebih dikenal orang daripada Gunung Patuha itu sendiri. Kawah Putih tersebut merupakan hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke-10). Kawah dengan air berwarna biru toska tersebut menjadi sebuah tempat yang disukai banyak wisatawan.

11. Gunung Batur, Bali (1.717 mdpl)

http://liburmulu.com

Gunung Batur ini diakui sebagai tempat suci oleh masyarakat setempata. Memang Gunung Batur ini sebenarnya adalah gunung berapi kecil di tengah kawah besar, menghadap Danau Batur yang berbentuk bulan sabit. Karena Gunung Batur adalah gunung kecil, pendakian dapat dilakukan hanya dalam satu hari saja.

12. Gunung Sibayak, Berastagi (2.212 mdpl)

http://www.lapakmedan.com

Gunung Sibayak adalah sebuah stratovolcano kecil yang menghadap ke kota Berastagi, Sumatera Utara. Gunung Sibayak adalah persinggahan cepat yang bagus untuk pendakian singkat selama sehari. Disana terdapat lubang uap yang menghasilkan suara menggelegar seakan ada sebuah Pesawat Jet sedang lewat. Selain itu, kita juga dapat menikmati air panas alami.

13. Gunung Kerinci, Jambi (3.805 mdpl)

http://liburmulu.com

Gunung yang berada tepat di Jambi, Sumatera merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Gunung Kerinci adalah gunung yang luar biasa dengan pemandangan yang mengesankan, baik di bagian atas ataupun kaki gunung. Gunung ini juga menjadi rumah bagi spesies yang terancam punah yaitu Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Kaki Gunung Kerinci ini juga dikelilingi oleh perkebunan teh segar, mungkin kalian ingin mampir sebentar dan mencicipi teh asli Kerinci? Sementara itu, di daerah atas , daerah dimana banyak ditemukan batu berwarna kemerahan adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan tak terlupakan dari Danau Gunung Tujuh.

 

Bagi para pencinta alam terutama para pendaki gunung, ini merupakan referensi gunung pendakian yang wajib didaki dan dinikmati keindahannya sebagai pelepas kejenuhan dari aktivitas sehari-hari. Jangan lupa juga mempersiapkan kondisi fisik, jasmani, peralatan keselamatan pendakian dan peralatan medis yang dibutukan ketika akan melakukan pendakian. God Bless

loading...
Afit Lilis Damayanti
Afit Lilis Damayanti

Keluar dari Zona Nyamanmu dan temukan Keseruan di Luar sana :)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.