Rasanya kurang lengkap bila, berkunjung ke bandung tapi melewatkan tempat yang satu ini. Namanya adalah kawah putih, lokasinya ada di Ciwidey kurang lebih 50 KM selatan kota bandung. Suhu dingin, dengan keindahan air berwarna putih serta sekitar lingkungan kawah juga didominasi warna yang sama, cocok untuk melepas penat, atau sekedar mencari lokasi untuk berburu foto yang Instagramable.

kawah putih1
pemanduteksi.blogspot.co.id

Dari sejarahnya, kawah putih terbentuk akibat letusan gunung Patuha. Letusan ini terjadi diperkirakan pada sekitar abad ke 10, dahsyatnya letusan menciptakan sebuah kawah baru yang terjadi karena terangkatnya material ke udara. Bisa dibayangkan kira-kira bagaimana dahsyatnya letusan gunung patuha pada saat itu.

Rekreasi Ke Kawah Putih Ciwidey, Menemukan Inspirasi, Menguak Cerita Dibalik Penemuannya

Letusan dahsyat gunung patuha di Abad ke 10, secara ilmiah diperkirakan sebagai penyebab timbulnya kawah putih. Tapi tahukah bahwa sebelum terkenal seperti sekarang, penduduk sekiar meyakini bahwa tempat ini adalah sarang bagi mahluk halus. Mereka menduga hal ini karena banyaknya burung yang mati saat terbang tepat di atas lokasi kawah.

kawah putih2
masterlapak.forumkm.com

Mitos diseputaran kawah putih ini terus dituturkan hingga seputaran tahun 1837 dimana seorang ahli botani berkebangsaan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, yang tertarik untuk meneliti keanekaragaman hayati disekitar gunung patuha berani menerobos lebatnya hutan. Dan tak dinyana ternyata di puncak gunung terdapat sebuah danau purba yang terbentuk secara alamiah dari bekas letusan. Sejak itulah, mitos tentang kawah putih berangsur memudar, karena memang penyebab matinya burung yang terbang disekitar kawah putih adalah karena keracunan kadar sulfur. Dengan ditemukannya penyebab ilmiah serta keindahan alam yang menakjubkan, maka sejak tahun 1987, pemerintah menetapkan kawah putih sebagai kawasan wisata alam.
Kadar sulfur atau gas belerang di kawah putih, meski tak setinggi pada saat ditemukannya, tapi tetap ada baiknya menjadi salah satu perhatian para pengunjung. Terutama mereka yang ditengarai punya gejala penyakit pernafasan, ada baiknya untuk siapkan masker penutup hidung. Selain itu, suhu udara bisa sangat dingin, sekitar 8-20 derajat celcius. Karena itu, meski jelas bahwa mitos tentang kawah putih telah dipatahkan sejak tahun 1800 an, ada baiknya untuk tetap mempersiapkan segala hal yang perlu agar tetap nyaman selama wisata disana.

Rekreasi ke Kawah Putih, Bagaimana Cara Untuk Sampai Disana, Dan Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Daya tarik dan keindahan kawah putih ciwidey memang sangat memikat. Tak heran, banyak orang ingin menyambangi tempat yang satu ini. Tapi bukan berarti kita tak mempersiapkan diri dengan baik. Meski jarak tempuh telah diperpendek tanpa perlu melakukan pendakian, dan pengunjung dapat menghentikan kendaraannya hingga di depan gerbang untuk masuk ke kawah putih, tapi ada baiknya siapkan perlengkapan seperti jaket untuk menahan dingin.

kawah putih4
ciwidey.net

Perjalanan ke kawah putih bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, bila anda menggunakan transportasi pribadi, anda bisa menempuh perjalanan dari arah Jakarta via Tol Cipularang, keluar di pintu Tol Kopo. Sampai disini arahkan kendaraan anda ke Soreang, berkendaralah terus ke arah selatan Ciwidey. Sebagai tips, anda perlu kuatir salah arah, karena telah dikelola sebagai sebuah tempat wisata, penunjuk jalan ke arah kawah putih dari Jakarta sangat jelas dan banyak. Anda tinggal berkendara mengikutinya
Bila menggunakan kendaraan umum, anda dapat mencari angkot dari terminal Leuwi Panjang menuju ke terminal Ciwidey. Selanjutnya, tinggal mencari angkot menuju Situ Patenggang, minta turun di depan gerbang yang jadi tempat awal menuju ke lokasi kawah putih. Karena lokasi yang dekat dengan Situ Patenggang, anda bisa menggunakan arah ini juga sebagai patokan bila berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tiba Di Kawah Putih, Bersiaplah Menyaksikan Keindahan Alam Indonesia

kawah putih4
berlibur-yuk.blogspot.co.id

Setelah tiba di lokasi, sebelum menapaki jalur menuju ke kawah putih, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar 150.000 untuk mobil dan 35.000 untuk motor. Sebagai kawasan wisata, sarana penunjang juga sudah lengkap disana. Terdapat fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, musholla dan warung jajanan. Biaya yang dibayarkan pengunjung juga menjadi bagian dari perawatan sarana dan prasarana yang ada disana.
Setelah berjalan menapaki jalan setapak, bersiaplah menyaksikan keindaha kawah. Air berwarna hijau tozca dengan lingkungan sekitar berwarna putih memberi pengalaman yang menyenagkan. Kabarnya warna air disana bisa berubah sesuai dengan kondisi lingkungan.

Karena keindahannya pula, kawah putih juga sering dijadikan sebagai lokasi prewedding, untuk melakukan prewedding di kawah putih, kita akan dikenakan biaya sesuai ketentuan tarif. Di kawasan kawah putih ada kendaraan khas bernama ontang anting. Kendaraan ini berbentuk mini bus yang terbuka, bagi mereka yang ingin menikmati tempat namun tidak menguras energi, ini bisa menjadi kendaraan alternatif.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.