Kebun Binatang Mangkang Semarang

Jika berlibur ke Jawa Tengah bersama anak-anak, boleh menjadikan kebun binatang sebagai destinasi edukasi untuk anak-anak. Tidak hanya di kota Yogyakarta yang memiliki kebun binatang, di Semarang terdapat pula kebun binatang yang tak kalah bagusnya. Kebun Binatang Mangkang adalah bonbinnya kota Semarang. Lokasinya terletak di Jalan Walisongo kilometer 16, Mangkang. Lokasinya mudah dijangkau dan berada di perbatasan Semarang. Tidak hanya melihat binatan, disini terdapat pemandangan alam yang masih asri dan hijau, selain itu disediakan pula fasiitas rekreasi yang bisa digunakan.

Kebun binatang Mangkang
tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Di Kebun Binatang Mangkang sendiri ada banyak jenis binatang yang dijaga dan dipamerkan. Beberapa binatang ada yang bebas berkeliaran namun masih ditempatkan di habitatnya. Hal itu supaya binatang masih bisa merasakan alam liar seperti rumahnya sebelumnya. Luas kebun binatang ini kurang lebih 9 hektar, bagi yang mudah lelah, pegelola sudah menyediakan kereta mini untuk berkeliling. Selain itu ada fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti becak air, naik gajah, dan masih banyak lagi.

Becak air adalah transportasi yang unik. Wisatawan dapat berjalan-jalan menggunakan becak air di danau buatan yang sudah disediakan. Sambil berkeliling menggunakan becak air, kita bisa melihat burung pelikan berenang dengan bebas. Selain itu, masih ada fasilitas lain untuk anak-anak yaitu water boom, museum pesawat, dan kolam keceh.

Becak Air di Kebun Binatang Mangkang
1001wisata.com

Sejarah dan Koleksi Satwa

Kebun Binatang Mangkang pada dasarnya telah beroperasi cukup lama sejak Februari 2007. Di Semarang sendiri sebelumnya sudah ada kebun binatang Tinjomoyo, namun kondisinya sudah tidak layak. Oleh karena itu didirikannlah kebun binatang Mangkang sebagai gantinya. Namun, sebelum ada kebun binatang Tinjomoyo sendiri, tahun 1954 didirikan kebun binatang Tegalwareng. Kebun binatang Tegalwareng ini memiliki konsep kombinasi yaitu kebun binatang dan taman hiburan. Sayangnya akibat adanya taman hiburan tersebut banyak binatang yang stres karena taman hiburan begitu bising sehingga banyak binatang merasa terganggu. Pada akhirnya kebun binatang dipindah ke Tinjomoyo dan Taman Lele. Kemudian, hingga saat ini kebun binatang berada di Bonbin Mangkang. Itulah mengapa Bonbin Mangkang berada di perbatasan Kota Semarang. Kebun Binatang Mangkang Semarang pun bisa dibilang sebagai Taman Marga Satwa Semarang.

Unggas yang ada di Kebun Binatang Mangkang
yogyakarta.panduanwisata.id

Jika ditanya ada berapa spesies yang dilestarikan di kebun binatang Mangkang, tentu saja ada banyak. Hewan yang ditampung disini kurang lebih sekitar 40 spesies, dengan total 200 hewan. Tentu hewan yang dijaga dirawat dengan baik, dan dijaga pula kondisi psikologisnya agar tidak mudah stres. Beberapa binatang yang bisa dilihat antara lain, Rusa tutul, harimau Sumatra, singa, Rusa timor, beruang, ular, kuda, Gajah Sumatra, buaya, kangguru, kera jawa, kuda nil, harimau benggala, beruk, burung pelikan, dan masih banyak lagi.

Harga Terjangkau

Tiket masuk kebun binatang mangkang
tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Harga yang ditawarkan untuk masuk ke dalam bonbin pun cukup murah. Hanya dengan membayar 5 ribu rupiah saja, wisatawan sudah bisa berkeliling kawasan bonbin Mangkang ini. Ada pula permainan lain yang bisa dinikmati dengan tarif murah. Misalnya naik gajah hanya perlu membayar 5 ribu saja, becak air 5 ribu, naik kuda 5 ribu, flying fox 5 ribu, perahu 3 ribu, water boom 10 ribu, naik kereta mini 3 ribu, serta nonton film satwa 3 ribu. Pengunjung bisa merasakan berfoto dengan ular atau burung, anak-anak juga bisa diajarkan mencintai hewan dengan naik gajah.

Rute Transportasi Yang Mudah

Untuk menuju Kebun Binatang Mangkang rutenya sangat mudah karena lokasinya yang strategis. Jika berasal dari arah Jakarta, tinggal mengikuti jalan yang melewati Kab. Kendal dan mau masuk kota Semarang. Apabila sudah melihat terminal Mangkang, maka Kebun Binatang Mangkang ada sisi kanan jika datangnya dari arah Jakarta.

BRT Semarang
upload.wikimedia.org

Apabila ingin berkunjung dari stasiun Poncol, dapat menggunakan angkutan kota menuju Mangkang. Bisa menggunakan BRT yang akan berhenti di terminal Mangkang atau menggunakan angkutan umum biasa. Jika datang dari Bandara A. Yani, juga bisa menggunakan BRT atau menggunakan taxi yang lebih mudah namun agak sedikit mahal. Jika pengunjung dari Terminal Terboyo, carilah bus kota yang menuju Mangkang. Atau bisa juga menggunakan BRT yang lebih mudah. Jika dengan berkendara pribadi tidak tahu arah bisa menggunakan GPS atau tanya penduduk setempat.

 

ยท

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.