Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah sebuah kota kecil yang terletak di ujung Flores di wilayah Nusa Tenggara Timur. Meskipun hanya sebuah kota kecil, namun Labuan Bajo kini menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Bagi masyarakat yang ingin singgah di Pulau Komodo, kota ini merupakan titik singgah sebelum melakukan perjalanan kesana.

labuan bajo keren
lepirate.com

Saat ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo terus meningkat. Sehingga banyak pengelola mendirikan fasilitas seperti hotel berbintang di Labuan Bajo demi meningkatkan kenyamanan para wisatawan.

Perlu diketahui, Labuan Bajo memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Pemandangan menakjubkan tersebut begitu dramatis diantara pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan. Tidak hanya sunset namun ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

Taman Nasional Loh Liang

Taman Nasional Loh Liang
qaedif.wordpress.com

Loh Liang berada di Pulau Rinca Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores. Tempat ini menjadi habitat untuk semua hewan khas Indonesia. Disini, kita bisa melihat kehidupan komodo yang sesungguhnya. Namun, untuk mencapai taman nasional tersebut harus menaiki boat selama 3 hingga 4 jam. Perjalanan yang begitu panjang tidak akan sia-sia setelah sampai di Taman Nasional ini. Karena disini ditawarkan pemandangan padang savana yang indah, tidak kalah dari Taman Nasional Baluran.

Dari sinilah wisatawan akan melakukan trekking bersama para ranger menyusuri savana yang dihuni oleh banyak komodo. Komodo-komodo tersebut bisa didekati mulai dari jarak 2 hingga 3 meter.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
picture.triptrus.com

Air terjun Cunca Wulang berada 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo. Ada 3 air terjun yang terdapat di Cunca Wulang. Untuk mencapainya pun harus melakukan trekking melalui hutan kurang lebih 30 menit. Trekking yang dilewati tidak begitu berat sehingga mudah dilalui. Di Cunca Wulang terdapat tebing dengan ketinggan 2-10 meter dengan air sungai berwarna biru yang jernih. Biasanya para wisatawan akan mencoba melompat dari tebing tersebut.

Scuba Diving, Snorkeling, dan Berkeliling dengan Kapal

keliling dengan kapal
lepirate.com

Kurang lengkap jika pergi ke Labuan Bajo tidak mencoba untuk scuba diving dan snorkeling. Disini banyak keragaman biota laut yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Jika ingin menyelam, pengelola sudah menyiapkan dua orang instruktur dalam 1 group untuk menemani menyemali keindahan bawah laut. Instruktur akan melakukan briefing terlebih dahulu kepada wisatawan mengenai tempat-tempat yang menarik untuk menyelam, topografi, serta rencana penyelaman.

Disini akan ada banyak makhluk laut yang menarik untuk ditemui seperti hiu, ikan tuna, ikan kerapu, ikan pari manta, ikan pari tutul biru, napoleon wrasse, belut, ular laut, gurita, cumi-cumi, kepiting, nudibranch, kepiting orangutan, dihiasi kepiting dan masih banyak lagi biota alam yang menakjubkan.

Tidak perlu khawatir dengan instruktur divingnya karena disini pelatihan diving sudah tersertifikasi secara internasional dan yang terbaik diantara lainnya seperti Divine Diving, Flores Diving Centre, Komodo Dive Center, dan Blue Marlin Komodo. Apabila ingin melakukan pelatihan diving di Labuan Bajo bisa menghubungi salah satu dari pelatihan tersebut. Pengeola juga menyediakan fasilitas jika ingin melakukan pelatihan diving yaitu paket berkeliling menggunakan kapal. Berkeliling dengan kapal di laut jernih akan menemukan banyak terumbu karang yang tumbuh di dalamnya dengan mata telanjang. Pemandangan ini sangat jarang ditemui saat ini.

Indahnya Sunset di Pulau Kalong

Pulau Kalong
samanthasiahaanxvi.blogspot.co.id

Pulau kalong bisa dibilang sebagai tempat populasi kelelawar yang super besar. Jika ingin mengunjungi tempat ini, datanglah saat matahari mulai terbenam. Keindahan sunset akan begitu menakjubkan ketika melihatnya sambil merebahkan diri di atas kapal. Kelelawar yang berterbangan di langit yang berwarna jingga menambah keindahan.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
flickr.com

Pulau yang terletak di Labuan Bajo ini memiliki pasir seputih susu yang berpadu dengan air laut jernih bergradasi biru hingga hijau toska. Pantai ini sangat direkomendasikan jika wisatawan ingin bersantai sejenak sambil menikmati makanan yang dipesan di restoran. Ada pula bukit yang bisa digunakan untuk hiking. Selain itu, kita juga bisa melakukan snorkeling bagi wisatawan yang aktif di air. Disini merupakan habitat bagi terumbu karang yang memiliki beragam warna serta ikan-ikan yang hidup didalamnya.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.