6 Masakan Khas Padang yang Paling Lezat

Bicara tentang Padang maka ingatan kita langsung tertuju pada aneka jenis masakan padang maupun makanan khas daerah tersebut yang terkenal dengan kelezatannya. Daerah yang juga populer dengan sebutan Minangkabau ini memang sejak zaman dulu telah mempunyai tradisi kuliner yang cita rasanya sangat khas. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1.    Rendang

rendang padang
masak2.com

Tidak hanya di Indonesia saja, rendang juga dinobatkant sebagai masakan terlezat di seluruh dunia. Setiap memasuki rumah makan yang menyediakan masakan Padang, dipastikan olahan ini selalu tersedia.

Rendang adalah masakan yang dibuat dari daging sapi dicampur bersama santan dan bumbu-bumbu yang lainnya. Sangat cocok dipakai sebagai lauk ketika menyantap nasi hangat. Rasanya merupakan perpaduan antara pedas, gurih dan manis.

2.    Soto Padang

soto padang
masakanlezat.com

Meski hampir semua daerah di Indonesia mempunyai resep masakan soto, tetapi soto padang tetap punya cita rasa yang lebih istimewa. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak rumah makan modern atau restoran internasional yang menyediakan masakan ini.

Seperti rendang, bahan utama masakan soto padang adalah daging sapi yang diiris tipis-tipis. Namun daging sapinya dipilih yang berasal dari bagian has karena dianggap empuk sekaligus mempunyai tingkat kekenyalan yang terasa pas. Soto padang sering dipilih sebagai makanan pembuka seperti sup kalau di Eropa.

3.    Dendeng Balado dan Dendeng Batokok

Dendeng Balado
id.wikipedia.org

Makanan khas lezat lainnya yaitu dendeng balado berupa daging tipis yang telah dikeringkan. Jadi makanan ini lebih tahan lama dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh setelah melakukan perjalanan di Minangkabau. Sebelum dimasak dan dikeringkan daging sapinya dipukul-pukul dengan batu cobek, sehingga akan terasa lebih lunak dan lembut saat disantap.

Selain balado, ada dendeng lain yang tidak kalah lezatnya dan sama-sama berasal dari Padang, yaitu dendeng batokok. Perbedaannya hanya terletak pada cabai yang dipakai sebagai bumbu utamanya. Jika dendeng balado menggunakan cabai merah, namun untuk dendeng batokok yang dipakai adalah cabai hijau.

4.    Kalio Dagiang

Kalio Dagiang
resepmasakterbaru.com

Dibanding rendang, kalio dagiang memang kurang begitu populer. Namun dijamin mampu memanjakan lidah orang yang menikmatinya. Kelebihan lainnya, hidangan ini punya tingkat kandungan kalori dan nutrisi tinggi, sangat cocok untuk menjaga kesehatan.

Kalio dagiang merupakan masakan sejenis gulai yang dibuat dari daging sapi serta dikasih bumbu berupa cabai dan rempah-rempah. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengolahnya. Namun sekali saja merasakannya maka akan langsung ketagihan.

5.    Gulai Paku

gulai paku
masakandapurku.com

Santapan khas Padang ini sering pula disebut gulai pakis, sesuai dengan bahan utama untuk mengolahnya berupa daun pakis. Sayuran ini dimasak bersama saus santan kelapa dan diberi bumbu berupa capai, jahe, dan lengkuas.

Bagi yang belum pernah mencoba atau mencicipi apalagi baru mendengar nama masakan ini, tentu akan merasa aneh dan janggal. Tapi setelah menyantap, pasti akan merasa puas apalagi jika dinikmati dengan ketupat sebagai pengganti nasi.

6.    Sate Padang

sate padang
kitabmasakan.com

Seperti halnya soto, sate juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pelosok tanah air. Namun juga tidak jauh berbeda, sate padang tetap memiliki cita rasa yang sangat khas tiada bandingannya.

Jika pada umumnya sate dibuat dari daging sapi atau kambing, tapi sate padang lebih sering diolah dari daging sapi. Kelezatan utamanya terletak pada saus atau sambalnya yang dibikin dari tepung beras dicampur kaldu jeroan dan aneka bumbu lainnya.

Masakan ini akan terasa lebih nikmat jika disajikan dalam kondisi masih hangat dengan ketupat ataupun dengan nasi dan minuman dingin, misalnya es teh atau es jeruk.
Beberapa jenis masakan khas Padang lainnya yang juga mempunyai cita rasa dan aroma yang begitu lezat adalah ikan balado, gulai itiak, dan karupuak sanjai. Semua pantas untuk dicoba dan dinikmati.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.