Masjid Agung  Jawa Tengah adalah salah satu masjid terbesar di Jawa Tengah bahkan di Indonesia. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun pada tahun 2001 dan rampung pada tahun 2006. Luas bangunan Masjid Agung Jawa Tengah adalah 7,669 m2 dan luas area halaman Masjid ini adalah 7.500 m2. Masjid ini berdiri di Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang.

Masjid Agung Semarang
www.akcayatour.com

Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga menjadi tempat suatu tempat wisata yang menggabungkan unsur – unsur pendidikan dan religi. Dengan mengunjungi masjid ini, para pengunjung dapat menikmati suatu arsitektur yang unik yang dimana terdapat percampuran unsur bangunan Jawa, Roma dan Arab.

Di masjid ini pada dasar tiang menggunakan motif seperti tumpal, untu walang, kawung, dan parang-parangan. Dibagian yang lain pada atap masjid berbentuk.atap limas an, bentuk bentuk ini menunjukkan arsitek jawa khas Jawa. Dibagian ujungnya Masjid terdapat kubah berdiameter sekitar 20 meter, kemudian kubah tersebut dikelilingi 4 menara yang tingginya 62 meter dan  dipenjuru atapny berbentuk bangunan masjid.

Masjid Agung Semarang
rikobond.blogspot.co.id

Kaligrafi masjid terdapat pada dinding masjid yang menunjukkan karakteristik arab. Selain itu, dalam halaman Masjid Agung Jawa Tengah  berdiri kokoh 6 payung  raksasa yang menggunakan system hidrolik.Payung – payung ini dapat membuka dan menutup secara otomatis yang diadopsi dari payung – payung Masjid Nabawi di Madinah. Masjid Agung Jawa Tengah juga dipengaruhi gaya Romawi. Gaya Romawi terlihat dalam desain dan warna lapisan interior pada sudut-sudut bangunan.

Masjid Agung Semarang
blog.misteraladin.com

Selain bangunan utama masjid luas dan indah, ada bangunan pendukung lainnya. bangunan tambahan yang meliputi: auditorium di sisi sayap kanan masjid yang dapat menampung sekitar 2.000 orang. Auditorium ini biasanya digunakan untuk pameran, pernikahan dan kegiatan lainnya. Sayap kiri dan perpustakaan ada ruang kantor masjid untuk disewakan kepada publik. Halaman utama masjid ada 6 payung hidrolik juga dapat menampung kerumunan 10.000 orang.Luar biasa bukan?

Bangunan lain yang terdapat pada kawasan Masjid Agung Jawa Tengah adalah Menara Asmaul Husna. Menara masjid ini menjulang dengan tinggi 99 meter. Menara ini terdapat pada bagian barat daya dari masjid.. Jika anda ingin memasuki Menara Asmaul Husna, anda akan dipungut biaya sebesar Rp. 3.000,00 per orangnya dalam waktu satu jam antara jam 08.00 WIB sampai jam 17.30 WIB. Saat anda datang pada jam 17.30 sampai jm 21.00. Harga tiket naik menjadi Rp. 4.000,00 per orangnya. Jika anda ingin menggunakan teropong saat dipuncak menara, anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp.3.500. Dari puncak menara, anda bisa menikmati udara yang segar saat melihat pemandangan kota Semarang yang cantik dan hilir mudiknya kapal – kapal di pelabuhan Tanjung Emas.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.