Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Monas?

Monas merupakan tempat untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia, terutama pada masa-masa perjuangan. Namun tidak hanya itu, masih banyak hal yang bisa kita dilakukan di sekitar tugu yang menjulang tinggi dan berbentuk lingga yoni tersebut.

Kegiatan utama

naik di atas monas
catatansiubay.wordpress.com

Apabila baru pertama kali datang dan berkunjung ke Monas maka kegiatan utama dan terbaik yang bisa dilakukan adalah naik ke tugu monumen tersebut. Dalam tugu Monas ada Museum Sejarah Nasional. Di ruang ini kita bisa menyaksikan diorama-diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia dari zaman dulu hingga masa kini.
Ruang museum lainnya ialah Ruang Kemerdekaan merupakan ruang dimana pengunjung bisa melihat aneka atribut kemerdekaan bangsa Indonesia. Seperti lambang negara burung garuda, naskah proklamasi, serta peta kepulauan seluruh nusantara. Semua ditampilkan dalam ukuran besar. Selain itu, setiap jam sekali akan diperdengarkan rekaman pembacaan teks proklamasi oleh presiden pertama Soekarno.
Pada bagian paling atas atau puncak tugu pengunjung dapat menikmati pemandangan ibukota Jakarta. Saat ini bagian puncak tersebut telah dilengkapi dengan 4 buah teropong di tiap sudut ruang yang dapat dipakai oleh pengunjung.

 

Kegiatan Olahraga

berolahraga d monas
ngapainaja.com

Bagi yang senang dengan kegiatan olahraga, Monas merupakan tempat yang sangat pas untuk melakukan aktivitas kesehatan tersebut. Monas berada di area yang ukuran luasnya mencapai 80 hektare. Halamannya dilengkapi dengan jalur khusus untuk berolahraga lari atau joging.
Olahraga lain yang juga bisa dilakukan di sini ialah voli, bola basket, hingga futsal. Lapangan voli dan bola basketnya masing-masing ada satu lapangan, sedangkan lapangan futsalnya ada empat. Semua bisa digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya.
Di hari-hari tertentu lapangan Monas juga sering digunakan oleh beberapa komunitas untuk melakukan olahraga lain secara berkelompok, seperti senam, yoga, dan sebagainya.

Bersepeda

bersepeda di monas
infopublik.id

Selain berolahraga yang tadi, Monas juga menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bermain sepeda. Apabila tidak membawa atau tidak memiliki sepeda sendiri bisa menyewa. Harga sewanya mencapai 20 ribu rupiah untuk 20 menit.
Jenis sepeda yang bisa disewa ini terdiri dari aneka bentuk atau desain. Ada yang hanya dapat dipakai untuk satu orang saja, tetapi ada pula yang dapat digunakan secara berduaan. Bahkan bagi yang ingin mengayuh bersama tiga orang sekaligus, sepeda model tersebut juga tersedia.

Foto Bersama Badut

Foto bersama badut di monas
news.liputan6.com

Di beberapa sudut lapangan Monas, ada badut-badut dengan karakter tokoh kartun mulai dari Mickey Mouse, Spongesbob, Spiderman, Marsha, Doraemon, dan sebagainya. Bagi anak-anak tentu akan menjadi kegembiraan tersendiri jika bisa berfoto ria bersama mereka.
Bahkan untuk mereka yang telah berusia dewasa dan mau mengenang masa kecilnya kegiatan seperti ini masih pantas dilakukan. Setelah puas foto bersama para badut tersebut, jangan lupa mengasih uang secukupnya sebagai jasa dan terima kasih pada mereka.

Event dan Pameran

Event dan pameran di Monas
soloraya.com

Monas juga sering dipakai sebagai tempat untuk menggelar event pertunjukan serta pameran. Misalnya pertunjukan seni, musik, dan yang lainnya acapkali diselenggarakan di halamannya. Demikian pula dengan pameran-pameran atau ekspo, kadang-kadang juga diadakan di tempat ini.
Bahkan tidak jarang ada perlombaan seperti lomba lari yang start serta finishnya mengambil tempat di lapangan Monas.

Belanja Suvenir

souvenir di monas
liojalanjalan.com

Sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat baik dari Jakarta sendiri maupun luar daerah. Monas bisa jadi tempat beberapa penjual yang menawarkan suvenir pada para pengunjung atau wisatawan.
Berbagai macam cinderamata bisa dibeli dengan harga yang sangat murah, seperti gantungan kunci 5 ribu rupiah, kaos bergambar Tugu Monas 50 ribu atau miniatur Monas dengan harga yang sama.
Itulah penjelasan sekilas tentang aneka kegiatan yang dapat dilakukan di monumen memorial milik bangsa Indonesia tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.