Oleh Oleh Khas Solo Yang Paling Terkenal

Setiap wilayah di indonesia mempunyai keanekaragaman budaya dan keunikan tersendiri sebagai ciri khas kota tersebut. Kebudayaan dan tradisi yang dipegang teguh masyarakatnya dengan baik, akan menjadikan kota tersebut sebagai tempat wisata dengan sejuta pesona. Mulai dari bangunan peninggalan dari masa lalu, seperti candi-candi, atau bangunan masa kolonial, sampai ragam hidangan lokal atau kulinernya.

Saat pergi berwisata biasanya kita tidak akan lupa dengan sanak saudara dirumah, ujung-ujungnya pasti berusaha cari oleh-oleh. Seperti diulas diawal, saking kayanya ragam budaya indonesia kita sering binggung akan bawa oleh-oleh apa. Tentu saja benda-benda khas kota tersebut yang jadi incaran, atau penganan kecil yang praktis untuk dibawa jadi buah tangan.

Bila berkunjung ke kota solo, kota ini terkenal dengan hasil karya seni yang beraneka ragam. Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang saat ini jadi terkenal di mancanegara. Kain batik adalah salah satu oleh-oleh khas dari kota solo. Sementara itu, bagi yang ingin membawa pulang penganan khas kota solo, ini dia ada daftar makanan yang bisa jadi oleh-oleh khas dari solo.

1. Intip

Intip
goodindonesianfood.com

Intip adalah kerak nasi yang melekat di panci lalu dijemur dibawah sinar matahari dan disajikan dengan siraman gula jawa. Rasanya gurih, manis, penganan ringan ini, sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru kota Solo. Berbagai gerai oleh-oleh di kota solo biasa menawarkan penganan ini di bagian ragam jajanan. Soal harga bervariasi ada yang murah, beberapa juga cukup mahal, dengan variasi ragam penyajian dan kemasan tentunya.

2. Ampyang

Ampyang
goodindonesianfood.com

Makanan ini terbuat dari kacang dan gula merah dengan dominasi rasa gurih dan manis pastinya. Cara mengolahnya sederhana hanya perlu bahan seperti, kacang, gula merah dan jahe. Gula merah yang dilelehkan dicampur dengan air jahe, semua diuleni menjadi satu ditambah dengan kacang, kemudian dicetak dengan bentuk bulat gepeng. Harganya sangat ramah dikantong, berkisar 4 hingga 5 ribuan saja.

3. Rengginang

Rengginang
gulalives.co

Orang menyukai dan menjadikan rengginang sebagai camilan dirumah. Makanan yang satu ini renyah dan gurih bentuknya mirip seperti intip, cara membuatnya pun sama, tinggal dijemur dibawah sinar matahari. Setelah kering, kemudian digoreng. Variannya sangat banyak mulai dari yang dominan dengan rasa asin, ada juga rengginang manis, sekali mencoba cemilan ini, bisa dipastikan stoples tidak akan pisah dari tangan, terus hingga tandas.

4. Serabi Solo

Serabi Solo
brilio.net

Serabi solo terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan dipangang dalam sebuah panci kecil diatas arang. Serabi solo punya taburan beragam ada meses, keju, dan nangka yang tradisional tapi sangat enak. Serabi solo nikmat bila disajikan hangat, dan bila dibawa sebagai buah tangan untuk kota-kota yang dekat dengan solo jajanan khas ini tentu sangat pas dan pantas. Tapi bila harus menempuh jarak yang jauh sebaiknya, pilih alternatif lain, karena ada kemungkinan kondisi makanan bisa rusak, ini karena serabi solo sama sekali tak menggunakan bahan pengawet.

5. Roti Kecik Genep

Roti Kecik Genep
laksanahotel.com

Menikmati suasana kota solo, sambil ngemil santai, roti kecik genep bisa jadi penganan khas yang pas. Jajanan khas ini berbahan dasar tepung ketan dengan rasa tradisional yang selalu membawa kerinduan akan nuansa kota solo. Bila ingin membawa pulang kita harus siap merogoh kocek sebesar 57.000ribu, harga yang pantas untuk sebuah penganan yang bisa jadi oleh-oleh khas dari solo.

6. Serbat Jahe

Serbat Jahe
serbatjangkrikmas.com

Ingin oleh-oleh dalam bentuk minuman rempah khas dari solo? Serbat jahe bisa jadi alternatinya. Minuman tradisional ini hadir dalam kemasan higienis siap seduh, kita bisa menemukannya di gerai-gerai sekitar kota solo yang banyak menyediakan oleh-oleh khas. Rasanya hangat khas minuman jahe, bikinnya juga mudah, pasti siapa saja yang menerima oleh-oleh satu ini akan senang.

7. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo
tokopedia.com

Namanya Abon Mesran, yang diambil dari pemilik toko oleh-oleh khas dari solo ini. Lengkapnya Pak Mesran Mistopawiro, sudah buka sejak beberapa puluh tahun silam. Yang paling terkenal tentu abonnya, selain itu ada juga oleh-oleh khas lainnya. Tempat rekomended dengan beragam pilihan oleh-oleh, yang pastinya khas solo.

Berplesiran ke kota solo jadi pilihan untuk hilangkan penat. Selain itu, oleh-oleh dalam bentuk penganan khasnya, juga sangat rekomended untuk dicoba. Pastikan untuk memilih yang paling khas dan sesuai, agar sanak keluarga dirumah, juga merasakan kebahagian saat anda plesiran di kota ini.

Lihat juga: Makanan Khas Jogjakarta Yang Wajib Kamu Cobain

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.