15 Wisata Pantai Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Daerah Istimewa Jogjakarta yang terletak dibagian selatan pulau jawa, terdapat banyak wisata pantai yang menawan dan tidak kalah dengan Bali. Hal ini terjadi karena Yogyakarta berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai pantai tersebut diantaranya adalah :

1. Pantai Baron

Pantai Baron
thetravelic.blogspot.co.id

Wisata pantai jogja ini terletak di desa Kemandang, selain mempunyai pemandangan yang indah di sisi barat Pantai Baron ada bukit Parang Racuk, hal ini membuat para pengunjung ingin untuk menyusuri bukit untuk melihat indahnya pantai dari sisi bukit. Setiap bulan syuro (bulan pertama kalender Jawa), para nelayan mengadakan tradisi upacara Labuhan untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada Allah SWT untuk panen ikan yang berlimpah.

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal
www.dakatour.com

Bosan bermain di sepanjang pantai? Cobalah mengambil beberapa jalan-jalan ke lepas pantai. Di pantai Krakal terdapat sebuah garis terumbu karang yang muncul di permukaan seperti jejak di laut. Jangan lupa untuk memakai alas kaki karena permukaan  terumbu karang yang tajam.

3. Pantai Kukup

Pantai Kukup
www.kangtri.my.id

Pantai Kukup menawarkan suasana lain wisata pantai. Terdapat penginapan atau losmen yang bernama PONDOK WISATA, fasilitas ini melayani para wisatawan yang ingin merasakan suasana  malam di Kukup dengan harga yang terjangkau. Wisatawan bisa  bersantai di tepi pantai, membangun istana pasir putih, menatap hamparan luas laut sambil mendengarkan orkestra alam di pantai Kukup.Menarik bukan?

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
bertemanangin.wordpress.com

Pantai Ngobaran bisa dikatakan pantai masih cukup alami. Keindahan pemandangan yang membentang luas pasir putih di tepi pantai, ditambah keindahan ombak dan baris batu karang yang indah, dan tumbuh dengan perkembangan rumput laut hijau (algae) yang menghiasi sebagian besar pantai membuat pantai ini sangat unik dan memiliki daya tarik wisatawan untuk melakukan perjalanan ke Pantai Ngobaran, Yogyakarta.

5. Pantai Ngrenehan

Ngrenehan
agussas.wordpress.com

Pantai Ngrenehan adalah pantai yang sangat mempesona, terlihat  terlihat dengan penyebaran baik rumput laut hijau dan coklat saat air pantai. Yang tampak dari permukaan, hamparan alga yang tumbuh di antara terumbu karang. Di pantai ini juga terdapat spesies lain seperti terumbu karang, mulai dari landak laut, bintang laut  dan berbagai jenis kerang tiram.

6. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan
fidyahfi.blogspot.co.id/

Pantai ini  tidak jauh dari pantai ngobaran, pantai nguyahan memberi Anda beberapa momen spesial . Ketika anda berjalan sekitar seratus meter dari pantai Ngobaran, anda akan menemukan jalan setapak berbatu di bukit – seperti yang akan menarik Anda untuk mencari tahu apa yang ada di balik bukit tersebut. Setelah mencapai puncak bukit, anda dapat melihat pemandangan yang tersembunyi di balik bukit. Nama Nguyahan diberikan karena pantai ini sebelumnya digunakan sebagai tambak garam oleh penduduk setempat.

7. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng
jogjaempatroda.blogspot.co.id

Sungai Bengawan Solo mengalir dari hulu di wilayah utara dan berakhir di Pantai Sadeng berada di Kabupaten Gunung Kidul. Ketika anda sampai ke pantai anda akan melihat berbagai macam aktifitas. Pantai Sadeng sekarang berfungsi sebagai pelabuhan ikan. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan fasilitas untuk kegiatan nelayan seperti  tempat penampungan bagi nelayan, koperasi nelayan dan tempat pelelangan ikan.

8. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
www.berduakelilingindonesia.com/

Jika Anda ingin menikmati Wisata pantai jogja tanpa mengeluarkan uang yang banyak, Pantai sepanjang adalah tempat yang tepat. Garis pantai yang panjang, pasir air yang bersih, dan ombak yang sedang adalah ciri khas dari pantai sepanjang. Anda  dapat memilih  berjemur di bawah sinar matahari, surfing, atau hanya menikmati keindahan pantai. Anda dapat menikmati semua hal itu ketika Anda datang ke pantai yang terletak beberapa kilometer dari Pantai Sundak.

9. Pantai Sundak

Pantai Sundak
titik0jogja.blogspot.co.id/

Nama Sundak dipakai sejak tahun 1979 yang  berasal dari peristiwa perkelahian antara Asu(bahasa jawa: anjing) dan Landak. Di pantai Sundak,dibagian barat pantai terdapat masjid dan tanah yang lapang untuk parkir sementara dibagian timur terdapat sebuah gua terumbu karang setinggi 12 meter, yang didalamya ada mata air tawar yang jernih,penduduk lokal biasanya menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari – hari .Anda bisa menikmati indahnya  waktu malam  dengan menikmati ikan bakar yang disediakan oleh penduduk sekitar dengan harga yang bersahabat sembari menikmati indahnya alam.

10. Pantai Somandeng

Pantai Somandeng
www.ikhsan.web.id

Pantai Somandeng terletak di Gunung Kidul dekat dengan Pantai Indrayanti sekitar 50 meter jaraknya. Pantai ini terkesan lebih sepi karena kurang promosi. Di pantai Somandeng terdapat gazebo  sehingga kita bisa duduk santai melihat deburan ombak serta menikmati hembusan angin  pantai yang sepoi-sepoi dan menikmati matahari terbenam.

11. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
thetravelic.blogspot.co.id/

Nama pantai Indrayanti diambil dari nama pemilik restorant didaerah tersebut. Hal ini berasal dari  nama “Indrayanti” yang dipajang didepan restaurant. Jadi orang – orang lebih familiar dengan pantai ini dengan sebutan pantai Indrayanti. Nama ini berbeda dengan  pemberian nama dari pemerintah Gunung Kidul yang menamakan pantai Pulang Syawal. Akan tetapi orang lebih familiar dengan sebutan pantai Indrayanti. Pantai ini paling terkenal dengan pantai yang paling bersih dijogjakarta sehingga turis saat mengunjungi sangat menikmati pantai Indaryanti.

12. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
blogmommylina.files.wordpress.com

Pantai Sadranan adalah pantai yang terkenal dengan pasir putih yang lebih putih dan bersih daripada pantai yang lain. Hal ini mungkin terjadi karena sedikit orang mengunjungi pantai ini. Seperti pantai – pantai lain di Gunung Kidul, banyak batu karang yang indah yang terbentuk dari gerusan ombak pantai.

13. Pantai Slili

Pantai Slili
wisataku.net

Menikmati indahnya pantai tropis Slili,permata tersembunyi dari Kab. Gunung Kidul yang diapit oleh pantai yang lebih besar dan populer. Pantai ini cocok untuk pengunjung yang memerlukan privasi karena lebih sepi daripada pantai yang lain.Selain berendam di pantai yang tenang dengan pemandangan yang indah, anda juga bisa berenang di air yg berbentuk seperti kristal – kristal, selain itu juga terdapat snorkling untuk menikmati satwa satwa bawah laut yang beraneka ragam.

14. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
puguh05.wordpress.com

Pantai Ngandong adalah tempat yang istimewa karena langsung menghadap Samudra Hindia. Oleh karena itu, Anda akan melihat matahari terbenam yang indah, sungguh anda akan menyaksikan pemandangan yang menajubkan. Ombaknya juga ini tidak terlalu besar, jadi anda bisa bermain – main air dan berwisata bahari dengan nyaman. Anda juga  bisa memancing disini dan juga melihat para nelayan atau petani mengumpulkan rumput laut.

15. Pantai Drini

Pantai Drini
indonesiawow.com

Pemandangan pantai drini benar-benar indah. Pantai Drini adalah pantai yang masih alami, indah dan benar-benar menarik untuk dieksplorasi. Pantai perawan ini terletak di antara dua bukit dan itu terdiri dari pasir yang halus. Air di sini bersih dan segar dengan dasar laut yang kaya yang sangat nyaman untuk snorkeling. Pantai Drini memiliki kehidupan laut yang kaya. pantai ini memiliki fasilitas yang bagus dan di sini Anda pasti akan memiliki relaksasi yang tenang dan damai, menyerap matahari dan menikmati angin pantai lembut setiap hari

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.