Perbedaan Liburan Lebaran Dulu dan Sekarang

Di era modern seperti sekarang banyak hal yang telah berubah dari sebelumnya. Perubahan itu tentu saja tidak bisa kita pungkiri. Salah satu perubahan yang dapat kita rasakan secara nyata adalah perayaan hari raya Idul Fitri. Ada beberapa perbedaan yang sangat terasa antara lebaran zaman dulu kita kecil dan sekarang.
Berikut ini perbedaan liburan lebaran dulu dan sekarang yang kita semua rasakan.

1.    Malam takbiran

Malam Takbiran
caeciliamediana.blogspot.co.id

Dulu, takbiran selalu identik dengan memukul bedug di mesjid hingga pagi dan berkeliling kampung dengan berjalan kaki memukul kentongan. Kalau sekarang, rutinitas berkeliling kampung itu telah berganti menjadi berkeliling kota dengan menggunakan kendaraan bak terbuka yang dihias dan pawai motor. Tak hanya itu, perayaan lebaran juga dihiasi dengan letusan kembang api yang sangat heboh. Bersautan dari satu tempat ke tempat yang lain. Dan mirisnya zaman sekarang ketika yang lain heboh berpawai di jalan raya, yang mengumandangkan takbiran di mesjid adalah seperangkat DVD player dan pengeras suara.

2.    Kartu Ucapan vs Pesan Singkat

Kartu Ucapan
swara-yha.blogspot.com

Di era modern seperti saat ini, segalanya telah digantikan dengan teknologi. Kalau dulu setiap lebaran kita pasti sibuk mencari kartu-kartu ucapan lebaran yang lucu dan unik untuk dikirimkan ke seluruh kenalan, sekarang kita heboh mengirimkan pesan ucapan tersebut lewat SMS/BBM/dll. Belum tentu ucapan itu kita buat sendiri, beberapa terkadang menyalin dari ucapan yang dikirimkan oleh orang lain.

3.    Baju Lebaran

Baju Lebaran
toko-rabih-busanamuslim.blogspot.com

Dulu setiap lebaran kita mengenakan baju-baju yang seadanya. Tidak terlalu heboh, bahkan cenderung santun. Kalau sekarang, setiap menjelang lebaran, kita pasti sudah sibuk berburu berbagai hijab yang modis. Tidak hanya satu pakaian saja, untuk setiap kunjungan kita punya baju lebaran yang berbeda.

4.     Semakin Singkat
Hal lain yang berubah dalam merayakan lebaran dulu dan sekarang adalah waktu yang kita gunakan untuk bersilahturami ke rumah-rumah kerabat. Kalau dulu, bahkan hingga lebaran hari ketiga atau keempat, beberapa orang masih saja melakukan kunjungan ke rumah-rumah saudara dan kenalan. Kalau sekarang, pada hari lebaran kedua saja sudah mulai sepi. Bahkan pada hari ketiga, ada yang sudah kembali bekerja seperti biasanya.

5.    Kue Lebaran

Kue Lebaran
grannysrecipebo.blogspot.com

Kalau dulu, dari beberapa minggu sebelum lebaran para ibu dan remaja putri pasti sudah mulai sibuk untuk membuat berbagai kue yang akan dihidangkan saat lebaran. Kebanyakan pemilik rumah membuat sendiri hidangan suguhan untuk tamu-tamu yang datang. Hingga setiap kunjungan terasa berbeda dari satu rumah ke rumah lainnya. Namun sekarang, kebanyakan orang tidak lagi punya waktu untuk membuat kue hingga lebih memilih untuk membeli jadi saja. Alhasil hidangan dari rumah ke rumah terasa sama.

Sekian beberapa perbedaan liburan lebaran dulu dan sekarang. Apakah kalian juga merasakan perbedaan lebaran dulu saat kecil dan sekarang?

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.