Pesona Wisata Kota Batu

Awal mulanya Kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, namun sejak pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang. Kota Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam dan pariwisatanya yang luar biasa. Kota Batu adalah sebuah kota sejuk yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur yang jaraknya hanya sekitar 15 km ke sebelah Barat dari Malang. Kota Batu memiliki beragam obyek wisata, baik alam maupun buatan serta obyek wisata edukasi yang tidak kalah menarik dan memiliki nilai pembelajaran bagi anak-anak. Berikut ini ada 16 pilihan tempat wisata kota batu yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, antara lain:

1. Jatim Park 1

www.rentalmobilmalang.com
www.rentalmobilmalang.com

Tempat wisata ini berada di Lereng Gunung Panderman sekitar 20 km dari kota Malang, tepatnya terletak di Jl. Kartika No. 2, Batu. Di dalamnya terdapat 36 wahana permainan menarik seperti : Volcano Coaster, Pendulum, Air Borne Shot, dan Sky Swinger. Ada juga waterbom, Galeri Nusantara yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah dan bioskop 3D. Dan yang tidak kalah menariknya adalah science center-nya, ada chemical and biology science center, outdoor science center dan learning gallery. Bagi para wisatawan yang merasa lelah, haus, lapar dan ingin menghilangkan itu semua jangan khawatir, karena di Jatim Park 1 terdapat outlet makanan dan minuman, pasar wisata, pasar buah dan sayur, serta Galeri Bunga bagi para pecinta bunga. Tersedia juga fasilitas umum seperti mushola, klinik, nursery room, dan tempat parkir tentunya

2. Jatim Park 2

www.agentwisatabromo.com
www.agentwisatabromo.com

Obyek wisata yang satu ini masih berdekatan dengan Jatim Park 1. Konsep Jatim Park 2 hampir sama dengan Jatim Park 1, tetapi wahana yang ditawarkan lebih banyak. Jatim Park 2 mengusung konsep tentang ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa. Area seluas 14 hektar ini terdapat kebun binatang Batu Secret Zoo yang merupakan salah satu kebun binatang yang memiliki konsep modern. Dengan berbagai macam koleksi hewan yang berasal dari habitat di Asia dan Afrika, pengunjung dapat menikmati interaksi dengan hewan-hewan dari jarak dekat. Dan ada juga penginapan pohon Inn yang unik, serta museum satwa yang bangunannya menyerupai Istana Negara yang di dalamnya ada insektarium yang berisi 5000 jenis serangga dari berbagai negara serta wisatawan dapat menjumpai 80 diorama satwa dari berbagai negara. Terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak yang memenuhi Jatim Park 2.

3. Museum Angkut Movie Star Studio

www.wisatapedi.com
www.wisatapedi.com

Museum yang berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No.2, Batu, Malang. Museum ini merupakan museum pertama di Asia Tenggara yang mengusung konsep transportasi. Museum yang memiliki wilayah seluas 3,7 hektar dibagi menjadi beberapa zona, antara lain: zona edukasi,zona Sunda Kelapa dan Batavia, zona Jepang, zona Uni Eropa, zona Hollywood dan  zona Gangster&Roadway. Museum Angkut memiliki koleksi semua jenis moda transportasi dari segala penjuru dunia, baik yang tradisional, modern maupun replika. Tidak kurang dari 300 koleksi moda transportasi mulai dari helikopter sampai duplikat gerobak dan sapinta, motor dan mobil kuno.

4. Museum D’Topeng Kingdom

hoteldi-malang.net
hoteldi-malang.net

Museum ini masih berdekatan dengan Museum Angkut. Museum yang baru dibuka sejak 23 Mei 2014 ini memiliki benda-benda bersejarah kebudayaan bangsa Indonesia pada zaman dahulu. Terdapat lebih dari 2000 koleksi topeng kuno dari berbagai penjuru di seluruh Indonesia. Topeng-topeng tersebut tertata rapi di dalam almari kaca besar yang dpisahkan seusai dengan daerah asalnya. Ada juga berbagai koleksi jenis wayang.

5. Eco Green Park

pamungkaz.net
pamungkaz.net

Tempat wisata edukasi ini terletak di Jl. Ora-ora Ombo No. 9A, tepat berada di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2. Moto dari obyek wisata ini adalah Fun and Study. Konsep dari Eco Green Park sendiri yaitu memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan dan seni. Eco Green Park dibagi menjadi beberapa zona : zona miniatur candi terkenal di seluruh Jawa, Insectarium, walking bird, music plaza, jungle adventure, world parrot,world pheasant, Duck Kingdom, Water Track, Dome multimedia,dll.

6. Alun-alun Kota Batu

yukpiknik.com
yukpiknik.com

Inilah tempat nongkrong paling asyik terutama bagi anak-anak muda yang tidak boleh terlewatkan apalagi disaat malam hari karena dijamin tidak akan kecewa jika ke sini. Di alun-alun Kota Batu terdapat wahana bianglala “Ferris Wheel” yang memiliki 17 kabin dengan ketinggian 60 m lebih. Dengan menaiki wahan tersebut pengunjung dapat menikmati panorama kota Batu yang indah di malam hari. Ada juga mini playground, ruang informasi berbentuk strawberry raksasa dan toilet berbentuk apel raksasa.

7. Batu Night Spectacular

surabaya.panduanwisata.id
surabaya.panduanwisata.id

Obyek wisata yang berada di dekat Jatim Park 2 ini memiliki banyak wahana diantaranya gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden, trampoline, drag race, mouse coaster. Bukan hanya untuk anak muda dan dewasa saja, tetapi ada juga 25 wahana untuk anak-anak. Di sini pengunjung dapat menikmati panggung musik yang menampilkan musik dan kesenian tradisional.

8. Taman Selecta Batu

piknikasik.com
piknikasik.com

Taman yang terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, berada di ketinggian sekitar 1.150 meter diatas permukaan laut (dpl). Dikelilingi oleh Gunung Panderman, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan Gunung Anjasmoro, membuat keindahan Selecta sangat mempesona. Dari pusat kota Batu jaraknya hanya sekitar 6 km. Taman Selecta memiliki berbagai fasilitas dan wahana seperti kolam rennag, taman bunga, outbond, dan juga arena jogging. Keindahan alam dan udara yang sejuk menjadikan taman ini sebagai taman favorit bagi setiap pengunjung yang datang ke kota Batu.

9. Kusuma Argowisata Batu

wisataterindah.net
wisataterindah.net

Kota Batu merupakan kota yang terkenal sebagai penghasil buah Apel yang manis dan ranum. Saudara rugi, apabila tidak mencicipi langsung Apel yang saudara petik sendiri dari kebunnya. Di Kusuma Argowisata Batu ini pengunjung dapat menikmati asyiknya memetik apel sendiri bersama keluarga dan teman-teman karena pengelola mempersilahkan pengunjung untuk memetik sendiri apel-apel tersebut.

10. Pemandian Air Panas Cangar

wisataterbaru.com
wisataterbaru.com

Pemandian yang berada di Desa Cangar Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu ini sangat terkenal karena airnya yang jernih, bersih, indah dan berada di kawasan Taman Hutan Raya R.Soeryo. Lokasi pemandian air panas ini masih sejalan dan searah dari alun-alun kot Batu ke arah Barat dan mengikuti jalur ke arah Coban Talun dan Selecta Malang.

11. Pemandian Songgoriti Batu

wisatadibatu.blogspot.co.id
wisatadibatu.blogspot.co.id

Lokasi pemandian air panas yang satu ini tidak jauh dari Pusat Pemerintah kota Batu, hanya sekitar 2 km saja. Di wisata pemandian ini juga terdapat Goa Jepang, Candi Songgoriti yang masih dijaga kelestariannya. Terdapat fasilitas pendukung seperti kolam renang, lapangan tenis, area jogging dan outbond, restoran serta hotel berbagai kelas.

12. Air terjun Coban Rondo

www.berbagionline.com
www.berbagionline.com

Air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Punjong, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Keindahan pesona air terjun yang disajikan begitu indah dan menawan, apalagi udara sejuk yang dapat pengunjung rasakan. Ada beberapa fasilitas menarik di area  Air Terjun Coban Rondo Malang ini seperti warung-warung kecil, tempat ibadah, panggung terbuka, lahan buat camping, dan tentunya toilet. Di warung-warung tersebut, wisatawan dapat menikmati sajian hangat aneka makanan dan minuman yang khas dengan harga yang cukup murah. Selain itu, bagi wisatawan muslim, ada juga mushola untuk menjalankan shalat. Ada juga wisata Satwa dan Kebun. Saudara dapat melihat aneka satwa dan beberapa pilihan wahana permainan.

13. Air terjun Coban Talun

tabloidwisata.com
tabloidwisata.com

Air Terjun ini terletak di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Bukan hanya suguhan keindahan percikan air yang turun, pengunjung juga dimanjakan oleh pemandangan hijaunya hutan pinus yang dapat ditemui di sepanjang jalan masuk Coban Talun.

14. Gunung Banyak : Paralayang dan Omah Kayu

tabloidwisata.com
tabloidwisata.com

Lokasinya sekitar 25 km dari kota Malang, dan hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat kota Batu. Di Dinamakan Gunung  Banyak karena saudara dapat melihat berbagai Gunung yang ada di Jawa Timur. Gunung Banyak ini sering digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati olahraga paragliding atau paralayang. Bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan seluruh kota Batu dapat menyewa Omah Kayu yang masih dalam wilayah Gunung Banyak. Harga yang ditawarkan untuk menikmati keindahan di Gunung Banyak sangatlah murah, tetapi untuk menikmati olahraga paralayang cukup merogoh koceh sebesar IDR 300k-600k sudah termasuk perlengkapan dan pendampingan instruktur berpengalaman.

15. Downhill Track Kemeluk

blogkembali.blogspot.co.id
blogkembali.blogspot.co.id

Untuk pecinta off road, di kota Batu menyediakan obyek wisata off rode. Tapi bukan dengan motor melainkan dengan sepeda. Lokasinya berada di Batu Malang tepatnya di Bukit Klemuk Songgoriti. Terdapat 2 track downhil ynag memiliki tingakt kesulitan yang berbeda. Track downhill ini memiliki panjang 1,2km yang akan menguji daya ketahanan dan ketrampilan saudara.

16. Kaliwatu Rafting

kaliwaturafting.blogspot.com
kaliwaturafting.blogspot.com

Arum Jeram ini menyusuri aliran sungai di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Wisata ini tidak kalah dengan wisata paralayang dan downhill yang ditawarkan oleh kota Batu. Wisata ini akan membuat adrenalin saudara memuncak dan jantung akan berdenyut keras tetapi bagi pecinta rafting, wisata ekstrim seperti ini memberikan keasyikan tersendiri.

Bagaimana? Ada banyak pilihan wisata yang ditawarkan kota wisata Batu bukan ? Yuk, segera kunjungi kota Wisata Batu Malang Jawa Timur dan jangan lupa nikmati liburan kalian bersama orang-orang terkasih. God Bless

loading...
Afit Lilis Damayanti
Afit Lilis Damayanti

Keluar dari Zona Nyamanmu dan temukan Keseruan di Luar sana :)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.