Menyelami Bawah Laut Raja Ampat yang Menakjubkan!

Raja Ampat tengah menjadi sorotan dunia sebagai surga wisata bahari. Pemandangan dan ekosistem lautnya sangat unik dan sulit ditemukan di tempat lain. Para penyelam dunia banyak berdatangan untuk menikmati keindahan pemandangan bawah lautnya yang eksotik. Keindahan alam Raja Ampat telah diakui sebagai sepuluh besar tempat terbaik dunia untuk menyelam. Surga dunia ini terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Potensi Kekayaan Alam Raja Ampat

raja ampat
raja-ampat.biz

Raja Ampat merupakan gugusan pulau kecil yang terdiri dari empat pulau utama, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Letak keempat pulau ini berdekatan dan dikelilingi air laut yang biru dan jernih. Warna biru dan hijau sangat mendominasi pemandangan alam di sini. Warna biru adalah warna air, sedangkan warna hijau adalah warna pepohonan yang menyelimuti pulau-pulau di sekitarnya.

bawah laut raja ampat
satujam.com

Koleksi flora dan fauna bawah laut di kawasan ini termasuk yang terlengkap di dunia. Mereka yang datang untuk menyelam tidak hanya wisatawan biasa, tapi juga peneliti kehidupan bawah laut. Berbagai penelitian yang pernah dilakukan mendapatkan bukti bahwa di perairan Raja Ampat terdapat sekitar 540 jenis karang, 700 jenis moluska, serta lebih dari seribu jenis ikan karang. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa sekitar 75% jenis terumbu karang dunia berada di sini.

kejernihan air raja ampat
klikhotel.com

Kejernihan air di perairan Raja Ampat membuat keindahan terumbu karang di dalamnya bisa dinikmati dari atas permukaan air, tanpa harus menyelam. Bahkan jika air laut sedang surut, karang-karang tersebut tampak muncul ke luar permukaan air. Hamparan karang tersebut mampu bertahan cukup lama tanpa mengalami kerusakan ketika terpapar sinar matahari langsung. Hal ini terjadi saat air laut surut sangat rendah dalam waktu cukup lama. Ini membuktikan bahwa terumbu karang Raja Ampat bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan kondisi lingkungan di sekitarnya.

burung cendrawasih
nationalgeographic.co.id

Selain kekayaan ekosistem bawah laut, kekayaan alam khas daratan Raja Ampat tak kalah menakjubkannya. Aneka flora dan fauna endemik wilayah ini masih bisa ditemukan hidup secara bebas. Sebut saja misalnya burung cendrawasih yang terkenal akan kecantikan bulunya yang eksotik dan hanya ada di Papua. Ada juga burung nuri, burung kakatua, kuskus, serta berbagai jenis bunga menawan seperti anggrek.

Surga Para Penyelam

menyelam di raja ampat
gogonesia.com

Cara terbaik menikmati pesona kekayaan alam Raja Ampat adalah dengan menyelam atau snorkling. Berenang di dalam air bersama berbagai macam bentuk dan warna ikan. Di perairan ini bisa ditemukan ikan barakuda, ikan pari, kuda laut, ikan tuna, hiu karang, serta penyu. Selain beragam ikan, indahnya terumbu karang pun membuatĀ  para penyelam betah berlama-lama di bawah air.

diveing di raja ampat
kolamduit.com

Karena bentuknya kepulauan, kawasan ini memiliki selat antar pulau dengan ukuran beragam dari sempit hingga lebar. Banyaknya celah atau selat ini membuat kecepatan arus air laut tidak merata di semua tempat. Perbedaan arus air ini bisa dimanfaatkan dan disesuaikan dengan keinginan para penyelam yang datang.

Untuk drift dive misalnya, tentunya hanya bisa dilakukan saat arus cukup kencang. Drift dive bisa dikatakan hal terbaik dalam menyelam karena memberi sensasi luar biasa. Hal ini dilakukan dengan cara menyelam mengikuti arus kencang dan menerobos kumpulan besar ikan tanpa khawatir bertabrakan dengan ikan-ikan tersebut.

Bagi Anda yang belum pernah menyelam, pemandu wisata di Raja Ampat ini akan dengan senang hati memandu dan mengajari menyelam dengan aman. Peralatan menyelam pun tersedia lengkap dan bisa disewa kapan pun Anda mau.

Lihat juga: Menyelami Taman Nasional Bunaken, Manado

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.