Apa Bisa Main Ski di Indonesia Negeri Tropis ?

Buat yang sering menonton film asing, mungkin sering melihat adegan bermain salju dengan ski. Main salju memang membuat kita merasa senang bukan kepalang. Meski tidak bisa bermain ski, namun dengan bercengkramanya saja sudah membuat bahagia. Akan tetapi, buat kita yang tinggal di Indonesia sebagai negara tropis, salju merupakan barang yang sangat langka karena negeri ini hanya memiliki dua musim, yakni musim penghujan dan musim kemarau.

Meskipun demikian, rupanya salju pun masih bisa ditemui dan dimainkan lho meski kita tinggal di Indonesia. Memang di mana tempatnya salju tersebut berada? Apakah hanya di tempat buatan saja atau di tempat yang alami salju tersebut berada? Untuk tahu jelasnya lagi, di sini ada informasinya.

Puncak Cartenz yang Memiliki Salju Abadi

salju dipuncak jayawijaya
jefrisonlorukoba.wordpress.com

Jika memang benar-benar menginginkan main ski di Indonesia, rasanya memang harus datang ke Pulau Papua. Kenapa demikian? Ya karena di pulau itulah terdapat satu gunung terbesar di Indonesia yang memiliki salju abadi. Gunung tersebut bernama Gunung Jayawijaya dengan puncaknya yang bernama Cartenz.

Puncak Cartenz inilah yang selalu diselimuti oleh salju pada setiap waktunya. Dengan ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut, sangat wajar jika puncak tersebut memiliki suhu yang amati dingin. Dengan begitu, suhu dingin itulah yang menimbulkan salju abadi meski letak gunung Jayawijaya ini berada di negara yang tropis.

Untuk kita yang mencintai petualangan, sangat menarik dan menantang jika bisa datang ke gunung tertinggi di Indonesia tersebut. Bahkan sudah banyak pula petualang dari luar negeri yang berusaha menaklukan salju abadi tersebut.

Butiran Salju yang Dingin di Dataran Tinggi Dieng

salju di pegunungan dieng
losmenbudjono.com

Untuk kita yang berada di wilayah Jawa, tentunya akan cukup berat jika ingin melihat salju secara langsung ke gunung Jayawijaya. Nah untuk itu, kita bisa mendatangi salju tersebut di wilayah pegunungan lainnya yang bisa dijangkau, yakni dataran tinggi Dieng. Pegunungan Dieng ini terletak di Wonosobo, Jawa Tengah.

Kenapa di dataran tinggi Dieng tersebut muncul salju? Jawabannya adalah karena suhu di Dieng tersebut sangat dingin. Bahkan saking dinginnya, kondisi di Dieng pun bisa memunculkan butiran-butiran embun yang membentuk kristal es. Butiran itulah yang bisa kita sebut salju.

Namun sayang salju di Dieng ini tidak bisa dipakai untuk bermain ski. Hal itu karena salju tersebut tidak setebal salju yang ada di Gunung Jayawijaya. Namun meski begitu, salju yang bisa dinikmati di Dieng ini merupakan fenomena alam bahwa Indonesia bisa memiliki salju.

Salju “Alami” di Tengah Kota

salju ditengah kota
news.merahputih.com/

Dua tempat sebelumnya memang menghadirkan salju yang sesungguhnya untuk negara ini. hal tersebut memang lumrah karena keduanya memiliki suhu yang amat dingin. Namun apa jadinya jika suatu wilayah bersuhu panas dan lembap, namun bisa menghadirkan salju? Hal tersebut tentu saja tidak akan bisa, namun bisa saja jika itu terjadi pada suatu acara.

Ya pengalaman main salju tersebut pernah hadir di Kota Tangerang, Jawa Barat pada rentang akhir 2015 sampai dengan awal tahun 2016 lalu. Acara tersebut merupakan gelaran yang bertajuk Snowy Christmas at Living World dengan lokasinya di Living World Alam Sutera, Tangerang.

Meskipun salju yang ada di sana merupakan arena permainan anak-anak, namun saljunya tetaplah salju yang asli seperti di pegunungan. Bahkan ketika di acar tersebut, suhunya pun sama dinginnya dengan yang di pegunungan. Sejalan dengan itu, pihak panitia pun menyediakan perlengkapan kehangatan, seperti sepatu but, kaos kaki, dan tentunya jaket yang tebal.

Acara seperti itu memang bisa membuat kita bisa merasakan kehadiran salju yang sebenarnya. Nah untuk akhir tahun ini kita tunggu saja, di mana lagi wilayah di Indonesia yang akan mempunyai salju tersebut.

Ternyata meski Indonesia merupakan sebuah negara yang tropis, salju tersebut masih bisa kita rasakan, bukan? Jika ingin merasakan salju yang alami dan bermain ski, mungkin memang harus berjuang penuh tenaga untuk datang ke puncak Jayawijaya atau Pegunungan Dieng. Namun jika tidak ingin bersusah-susah, mendatang acara bertema snow pun bisa menjadi pelipur laranya. Rasanya bermain salju di negara yang tidak terdapat musim saljunya sudah bukan lagi halangan.

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.