Menyelami Taman Nasional Bunaken, Manado

Taman Nasional Bunaken (Bunaken National Park) termasuk salah satu lokasi penyelaman terbaik di Indonesia. Keindahan dan kekayaan alam bawah laut Bunaken sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pemandangan bawah laut di kawasan ini didominasi oleh terumbu karang dan biota laut beraneka bentuk dan warna. Cara terbaik menikmati pesona Bunaken tentunya adalah dengan cara menyelam atau snorkeling.

taman laut bunaken
rivaldihamim.blogspot.com

Taman Nasional Bunaken terletak di Pulau Bunaken. Pulau ini bagian dari wilayah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Jarak Pulau Bunaken dari pelabuhan Kota Manado dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kapal cepat, atau 50 menit dengan perahu berkecepatan sedang. Taman Laut Bunaken menjadi andalan pariwisata Manado, bahkan andalan Indonesia.

Kekayaan Alam Bunaken

bunaken
hanlyguratji.blogspot.com

Taman Laut Bunaken termasuk bagian dari Taman Nasional Bunaken. Luasnya mencapai lebih dari 75 ribu hektare. Wilayah perairan ini memiliki sejumlah pulau kecil yang menyebar. Lima pulau terbesar di antaranya adalah Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage. Kelima pulau tersebut dihuni oleh sekitar 20 ribu jiwa penduduk.

peta bunaken
liburankampung.blogspot.com

Wilayah Bunaken telah dihuni sejak sekitar tahun 1400. Namun, potensi wisata alam bawah lautnya baru ditemukan sekitar tahun 1975. Nama Bunaken sendiri berasal dari kata kinawungakeng, yang mengandung arti tempat tinggal. Kata tersebut biasa disingkat menjadi wunakeng. Seiring jalannya waktu, nama tersebut berubah menjadi Bunaken. Kawasan ini resmi menjadi tempat wisata selam sejak tahun 1991.

keindahan bawah laut bunaken
hoteldanwisata.com

Keindahan terumbu karang di sini mengundang banyak wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang menyelam. Koleksi flora dan fauna di Pulau Bunaken termasuk salah satu yang terbanyak di dunia. Saat menyelam di sejumlah titik selam tertentu, Anda berkesempatan bertemu ikan barakuda, ikan hiu, ikan pari, ikan kakap, kuda laut, ikan badut, dan ribuan jenis ikan lainnya. Kekayaan alam Bunaken tidak hanya menarik bagi wisatawan, namun juga bagi para peneliti biota laut mancanegara.

Taman bawah laut Bunaken terkenal juga dengan adanya dinding karang raksasa atau underwater great walls. Yaitu batu karang yang sangat besar sehingga dindingnya tampak menjulang dan melengkung ke atas. Tempat ini menjadi favorit untuk membuat foto bawah laut.

underwater great walls
mytravelingphotograph.blogspot.com

Taman Laut Nasional Bunaken memiliki sedikitnya 40 titik penyelaman dengan tingkat kedalaman sangat bervariasi. Lokasi penyelaman paling dalam adalah sekitar 1.300 meter. Waktu terbaik untuk menyelam di lautan ini adalah saat musim panas, sekitar bulan Mei sampai Agustus. Pada rentang waktu ini, kondisi cuaca relatif stabil sehingga kondisi air laut pun stabil, bersih, dan hangat.

Fasilitas Wisata Bunaken

Kawasan wisata Bunaken sudah dikelola secara profesional. Fasilitas transportasi dari Kota Manado menuju pulau ini sudah tersedia untuk memudahkan para wisatawan datang berkunjung. Di Pulau Bunaken sendiri telah banyak tersedia penginapan, rumah makan, serta sarana hiburan lainnya. Semua bisa diakses sesuai dengan selera dan kondisi keuangan yang ada.

menyelam di bunaken
gambarwisata.com

Bagi yang tidak bisa menyelam, bisa belajar lebih dulu secara singkat dari tour guide berpengalaman. Peralatan menyelam sangat mudah ditemukan di deretan toko-toko di lokasi ini. Ada yang menjualnya, juga ada yang menyewakannya. Sewa alat selam sederhana satu paket terdiri dari sepatu katak, baju selam, serta selang udara lengkap dengan maskernya.

pedagang di bunaken
indoflyer.net

Setelah menyelam, pengunjung bisa melanjutkan menikmati pemandangan luarbiasa di kawasan ini. Pengelola dan pedagang di sini kebanyakan berasal dari penduduk setempat. Mereka sangat ramah dan selalu siap membantu apapun yang dibutuhkan pengunjung.

Lihat juga: 3 Tempat Wisata di Manado Selain Alam Yang Sarat Pesona

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.