Menjelajahi Dunia Satwa di Taman Safari Indonesia, Bogor

Taman Safari Indonesia (TSI) merupakan kawasan wisata sekaligus tempat konservasi satwa di alam bebas. Di sini, ada sedikitnya 2.500 koleksi binatang dari berbagai negara. TSI memang terkenal sebagai kebun binatang, namun dengan konsep dan fasilitas lebih banyak. Pada kebun binatang umumnya, Anda bisa melihat aneka binatang di dalam kandangnya masing-masing. Di TSI, Anda melihat binatang dengan cara masuk ke dalam kandangnya. Wow, lebih seru dong tentunya.

Seperti Melihat Binatang di Alam Liar

taman safari
gulalives.co

Semua binatang di TSI ditempatkan pada kandang yang luas dan didesain sedemikian rupa agar menyerupai habitat asli binatang tersebut. Dengan konsep ini, binatang merasa hidup di alam bebas dengan ruang gerak yang leluasa. Misalnya kandang kuda nil, dibuat seperti hutan dengan banyak pohon dan rumput yang luas. Terdapat pula kolam tempat kuda nil berendam. Ya, binatang ini memang gemar berendam. Dengan lingkungan kandang alami seperti ini, kuda nil bisa hidup bebas stres walau sering bertemu kendaraan dan manusia.

berkeliling di taman safaria
kompasiana.com

Anda bisa memasuki setiap kandang dengan mobil, baik mobil pribadi maupun mobil yang sudah disediakan pengelola. Mobil diwajibkan melaju dengan kecepatan rendah. Selain agar bisa melihat binatang dengan jelas, juga agar tidak menakuti binatang di dalamnya. Saat berada di dalam kandang, Anda tidak diperkenankan keluar dari mobil. Tentu saja ini demi keselamatan Anda sendiri, terutama di kandang binatang buas seperti singa, harimau, beruang, ular, buaya, dan sebagainya.

Dalam kandang binatang jinak, Anda diperkenankan membuka jendela mobil dan menyentuh binatang tersebut jika memang dalam jangkauan tangan Anda. Banyak binatang penghuni TSI ini yang memang sudah familiar dengan manusia. Mereka mendekati mobil dan mau disentuh selama mereka merasa tidak terganggu.

melihat binatang di taman safari
1000warnaindonesia.blogspot.com

TSI juga menyediakan tur malam untuk melihat kehidupan satwa di malam hari. Anda bisa melihat kebiasaan para binatang, termasuk binatang malam yang memang aktivitas utamanya dilakukan pada malam hari. Menjelajah alam bebas di malam hari tentunya memberi kesan yang berbeda dibanding siang hari.

Berbagai Fasilitas Lainnya

Selain mengenal aneka binatang yang tampak seperti di habitat aslinya, Anda bisa juga melakukan hal menyenangkan lainnya. Pada akhir pekan dan hari libur nasional, TSI mengadakan pertunjukan binatang layaknya sirkus. Misalnya atraksi gajah. Sejumlah gajah dilatih hingga bisa melakukan berbagai atraksi, seperti main bola, berbaris, bermain peran, juga menari. Ada juga pertunjukan lumba-lumba dan pagelaran kesenian seperti Fire Dance pada malam hari.

sirkus gajah di taman safari
hargagres.com

Petugas TSI menyediakan stand foto bagi Anda yang ingin berfoto dengan binatang. Ada harimau, orang utan, serta ular. Semua binatang ini tentunya sudah jinak dan didampingi pawang.

Taman Safari Indonesia (TSI) telah melengkapi kawasannya dengan berbagai fasilitas rekreasi modern namun tetap bernuansa alam. Ada danau buatan yang bisa dijelajah dengan sepeda air atau kano. Ada juga kolam renang yang dilengkapi seluncuran dan efek ombak. Anda dan keluarga juga bisa mencoba aneka wahana permainan yang menguji nyali dan fisik. Penginapan di kawasan ini pun tak kalah menarik. Anda akan merasa menginap di alam terbuka, namun dengan kenyamanan dan keamanan yang tetap terjaga.

berfoto dengan harimau di taman safari
satzphotography.blogspot.com

Aneka makanan dan minuman sangat mudah diperoleh. Baik makanan tradisional maupun mancanegara. Asyiknya, Anda bisa menikmati hidangan sembari menikmati pertunjukan yang tengah digelar. TSI bisa menjadi pilhan terbaik keluarga untuk berekreasi sekaligus edukasi mengenai kehidupan alam bebas.

Lihat juga: Apa Saja yang Bisa Didapatkan dari Sea World Ancol?

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Pahlawan

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.