Indonesia sebagai negara tropis dengan berbagai macam kekayaan alamnya tak pernah habis untuk digali. Berbagai tempat di Indonesia menyimpan pesona alam, beberapa bahkan disebut sebagai sebuah surga kecil yang tak akan pernah ada habisnya. Bagi yang pernah mendengar wakatobi, pasti pada saat yang sama akan membayangkan sebuah spot diving atau selam terbaik.

Keunggulan utama spot yang ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini adalah keindahan wisata baharinya. Ya, memang benar, wakatobi di sini tentu tak akan pas bila belum mencoba spot selamnya yang katanya menakjubkan ini. Dan memang bukan katanya, wakatobi menyimpan sebuah keanekaragaman bahari dengan hampir 3000 an spesies ikan serta 600 an jenis koral dunia.

Jika dibuat penyetaraan, ini sama saja dengan kurang lebih 75 persen terumbu karang di dunia berkumpul di wakatobi. Sebagai satu spot selam dengan daftar keanekaragaman hayati yang bisa dibilang terkaya di dunia. Masih ada juga titik lain yang siap menyambut dan memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung ke sana. Apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo
wisatasulawesi.com

Terdapat dalam kawasan suaka alam Tanjung Peropa, kawasan ini punya luas sekitar 38.397 hektar. Tinggi air terjunnya sekitar 100 meter dengan 7 undakan besar dan lebih dari 60 undakan kecil. Pengunjung bisa mencoba memanjat undakan air terjun ini karena tidak licin. Lumut tak bisa tumbuh karena aliran airnya mengandung sulfur dan alkali.

2. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa
rezagerlangga.it.student.pens.ac.id

Ini adalah lokasi pas bagi pengunjung yang ingin membawa anak-anak untuk bermain di pantai. Tak ada ombak besar, karena pantainya landai dengan ombak tenang sehingga anak-anak bisa bermain dengan aman. Tersedia penginapan dalam bentuk saung atau gubug, juga wahana permainan bahari seperti banana boat. Ada baiknya untuk membawa konsumsi sendiri, karena memang tidak banyak lokasi bagi mereka yang ingin berwisata kuliner.

3. Pantai Bokori

Pantai Bokori
ireztia.com

Letaknya sangat indah dan pas sebagai lokasi pre wedding, karena memang latar belakang pemandangan alamnya fotogenik. Lebih tepat mungkin bila disebut sebagai pulau bokori, karena memang pengunjung harus menyewa perahu untuk sampai di pantainya. Terdapat cottage yang disewakan dengan tarif permalam, jadi jangan kuatir untuk akomodasi disana.

4. TNW atau Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
tekooo.com

TNW ini adalah salah satu dari 50 Taman Nasional yang ada di Indonesia. Fokus pengelolaannya adalah sebagai taman laut nasional, ini adalah salah satu yang terlengkap dan terluas di Indonesia. Tujuan paling pas untuk berkunjung kesini adalah untuk diving, snorkling atau sekedar menikmati ekosistem laut dari sekitaran pantai saja.

5. Pantai Taipa

Pantai Taipa
utiket.com

Posisinya bukan berada di pantai taipa, karena kita memang harus menyusuri pantai taipa dan melewati perbukitan. Melewati goa kelelawar dengan posisi vertikal. Selanjutnya, pemandangan pasir putih pantai yang indah akan tampak begitu kita menyelesaikan rute pendakian tersebut.

6. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton
bolehtanya.com

Dari kabarnya, benteng ini adalah yang terluas di dunia. Kita bisa menyaksikan pemandangan kota Baubau dari sini. Tadinya benteng ini merupakan benteng pertahanan kerjaan buton. Sehingga tak heran terdapat perumahaan disekitaran benteng ini. Letaknya tak jauh dari kota Baubau, dengan posisi diatas bukit yang indah.

7. Permandian Tamborasi

Permandian Tamborasi
gocelebes.com

Disebut sebagai sungai terpendek didunia, karena hanya mengalir 100 meter kemudian langsung mengalir kelaut. Sumber airnya langsung dari sungai di bawah pegunungan, tak heran hulu sungainya seolah keluar dari batu. Jaraknya dari kota Kendari hanya 4 jam ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Jelas berwisata ke Wakatobi tak akan membawa rasa kecewa. Bukan sekedar bagi pecinta wahana bahari semata, objek wisata alamnya sungguh lengkap dan bervariasi. Tujuh disini hanya sebagian kecil saja.

Pemerintah wakatobi memang sedang mengupayakan untuk secara serius mengarap berbagi macam lokasi sebagai wahana untuk mempromosikan kabupaten ini kepada dunia. Turis mancanegara yang berkunjung ke wakatobi memang sudah mulai banyak. Tetapi sebagai turis lokal dan WNI sudah sepatutnya bila kita ingin mencoba wisata bahari dengan kekayaan alam terlengkap, untuk mencoba datang kesini. Dijamin kepuasan akan tergambar dalam senyuman hingga tiba kembali dirumah.

Lihat juga: Keindahan Pantai Pink Lombok Pulau Komodo

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.