Wisata HITZ “Terpopuler” Kota Batu, Malang

Bingung weekend mau kemana sama keluarga ? Kami ada beberapa info tentang tempat wisata lho dari wisata kuliner sampai dengan wisata edukasi yang pas buat weekend teman-teman bersama keluarga, uhmm sama orang terdekat ataupun terkasih juga boleh kok.

Yup, kami ada beberapa daftar tempat yang menurut penyurveian kami sedang populer dan ramai dikunjungi di tahun 2017 ini. Lokasinya ada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Kota yang menyandang sebutan Kota Wisata ini memang selalu menciptakan inovasi baru dalam dunia wisata dan mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung menikmati fasilitas yang diberikan. Oke, langsung saja kami infokan 5 tempat wisata dari Kota Batu, Malang:

1. Taman Kelinci

malanglife.com

Namanya juga taman kelinci pasti terdapat hewan kelinci di dalamnya. Wisata ini merupakan wisata yang baru di-launching bulan Desember lalu loh. Taman Kelinci berlokasi di Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang sebelum wisata Paralayang, Gunungbanyak.

Kelinci-kelinci ini dilengkapi dengan rumah yang di desain begitu unik, ada yang berbentuk besar dan ada juga yang kecil. Kalau rumah yang besar dapat digunakan sebagai spot foto selfi para pengunjung, ya rumahnya seperti rumah “The Hobbit” gitu. Bukan hanya bisa bermain dengan kelinci-kelinci saja, pengunjung juga dapat menikmati keindahan taman bunga dari gazebo yang disediakan. Pengunjung juga dapat mampir ke Kampung Cafe , pondok susu olahan dan tentunya  menikmati kebun strawberry. Rencananya akan ada fasilitas wisata edukasi dan outbond. Taman ini memang belum 100% lengkap fasilitasnya tapi sudah cukup memadai, masih dalam proses pengembangan.

2. Cafe Sawah

terakota.com

Cafe yang satu ini bukan cafe indoor pada umumnya  dengan berbagai menu modernnya yang disediakan. Yup, Cafe Sawah ini mengusung konsep outdoor persawahan dengan bergaya “Ndeso”. Sesuai namanya Cafe ini berlokasi di Desa Pujon Kidul dan tentunya berada dikawasan persawahan. Suasana di Cafe Sawah ini sangat asri dengan hembusan udara yang sejuk, pemandangan sawah hijau yang “Ciamik” kalau orang Batu bilang serta kita disuguhi dengan indahnya pemandangan Gunung Dorowati. Di Cafe ini juga ada taman Cinta dengan maping tempat yang artistik dan spot foto-foto yang keren buat kalian para selfier haha. Menu makannya cukup sederhana karena ini bukan Western Cafe yess, ya menu nya seperti warung-warung pada umumnya. Untuk masalah harga, cukup terjangkau kok. Pokoknya dijamin ndak nyesel mampir ke Cafe Sawah karena “Perut Kenyang, Hati Senang dan Pikiranpun Fresh”.

3. Taman Dolan

ngalam.com

Taman Dolan ini bukan sekedar taman pada umumnya. Taman Dolan mengusung konsep yang berbeda dan unik. Taman Dolan merupakan taman edukasi yang berlokasi di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu. Mengusung konsep edukasi karena dilatar belakangi dengan lunturnya budaya Indonesia di generasi muda. Di sini pengunjung akan diingatkan kembali dengan permainan tradisonal dengan disuguhkan nuansa pedesaan yang asri.

Selain itu, disini para pengunjung dapat belajar dan menikmati beberapa hal ini:

  • Bagaimana cara menanam dan menghasilkan produk pangan organik yang sehat dan aman
  • Wisatawan bisa menikmati air jernih langsung dari sumber mata air pegunungan yang menyegarkan dan tanpa kaporit
  • Memasak dengan menggunakan alat masak tradisional dengan cita rasa khas dan ditemani degan suasana yang asri dan sejuk.

Di Taman Dolan terdapat beberapa paket wisata yang ditawarka, antara lain:

Paket Dolanan “Edukasi” (minimum 50 anak)

Meliputi permainan dakon, lompat tali, Engklek, jumpritan, Gasing, Balap Karung, EgrangGundu/ kelereng, Gepuk Bantal, dan lain sebagainya. Dan anak-anak juga dapat belajar tentang sayuran dan bagaimana menanan sayur di persawahan.

Paket Masak-masakan dengan alat tradisional

Les Renang di Kolam Renang

Outbond Dolan

Terdapat Flying fox, Donat boat, Gepuk bantal dan yang terbaru adalah mandi pasir.

Mandi dengan sensasi rempah-rempah alami

 

4. Coban Rais (Bukit Bulu dan Batu Flower Garden)

youtube.com

Coban Rais merupakan sebuah air terjun yang dulunya mempunyai Coban Sabrangan. Untuk dapat kesini harus melewati sungai terlebih dahulu. Tempat wisata Coban Rais sudah lama ada di Kota Wisata Batu, namun mulai terkenal dan menjadi hits lagi karena terdapat wahana baru yang diciptakan yaitu Bukit Bulu dan Flower Garden. Yups, tempat ini lagi ramai dikunjungi dan ramai di instagram. Lokasinya berada di dusun Dresel, Desa oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Di Bukit Bulu ini terdapat gardu I LOVE You yang sering dijadikan sebagai spot foto para pemuda dan pemudi hehe. Terdapat juga fasilitas lainnya yaitu ayunan, bukit bunga, rumah pohon, kaki langit dan juga hammock. Pokoknya bahagia liburan kalian di sini, bukan hanya udara sejuk dingin khas Batu yang menemani tetapi gemericik air terjun yang mengalir dan hamparan penghijaun dan taman bunga melengkapi liburan kalian.

5. Kampoeng Kidz

ngalam.com

Konsep wisata yang sama juga diusung oleh Kampung Kidz yaitu wisata edukasi.  Kampoeng Kids berlokasi di Desa Bumiaji, wilayah Kota Batu – Jawa Timur, tepatnya berada di Jalan Pandanrejo No. 1 Bumiaji.

Menariknya di dalam Kampoeng Kidz ini pengunjung akan bertemu dengan siswa-siswi dari berbagai daerah di Indonesia dengan keanekaragaman suku, agama, serta ras. Mereka tinggal di asrama dan bersekolah di SMU SPI (Selamat Pagi Indonesia) tanpa dipungut biaya. Sekolah dilengkapi dengan fasilitas lengkap diantaranya lapangan olahraga, asrama, hingga laboratorium. Siswa berprestasi dari seluruh Indonesia disatukan dan menimba ilmu di SPI. Mereka adalah perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia. Disetiap angkatan SPI sendiri minimal ada siswa yang berasal dari 5 agama berbeda dan di setiap angkatannya dibatasi hanya 30 siswa laki- laki dan perempuan.

Sejak dini  pelajar SPI diajarkan tentang jiwa entrepreneur agar kelak jadi pengusaha yang mandiri. Oleh sebab itu, SPI sering disebut sebagai Kampoeng Entrepreneur. Sebaga pendukung dari pelajaran Entrepreneur, Kampoeng Kidz menyediakan fasilitas:

Kitchen Garden

Belajar menjadi pengusaha pertanian, ada  kegiatan praktek bercocok tanam secara langsung di lahan pertanian yang disediakan, termasuk diantaranya membajak sawah dengan cara tradisional memakai kerbau, belajar memanen sayur-sayuran di kebun seperti jagung, brokoli, tomat, wortel, terong, cabe, selada air, sawi, kangkung dan lain-lain.

Animal Farm

Belajar menjadi seorang pengusaha peternakan dengan mengenal berbagai macam hewan ternak, seperti merpati, ayam, menthok, kelinci, kambing dan lain-lain.

Fishery Zone

Disini dapat belajar memahami cara budidaya ikan sekalian memancing dan menjadi pengusaha peternak ikan.

Art Gallery

Disini anak-anak dapat belajar banyak hal tentang kegiatan seni kreatif, misalnya seperti origami, gypsum frame painting, melukis, mewarnai, kite painting, rubber art dan lainnya.

Pertambangan Zone

Kegiatan belajar tata cara menambang, mencari dan juga mengumpulkan emas.

Camping Package

 

Nah, semoga daftar tempat wisata di atas dapat menjadi referensi pembaca dalam menyambut liburan hehe. Dimanapun sahabat berlibur yang terpenting sahabat nyaman dan merasa bahagia berada di tempat itu.

_God Bless You_

loading...
Afit Lilis Damayanti
Afit Lilis Damayanti
Prajurit

Keluar dari Zona Nyamanmu dan temukan Keseruan di Luar sana :)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.