5 Tempat untuk Nikmati Borobudur yang Indah dengan Cara Tidak Biasa

Menikmati liburan dengan datang ke Yogyakarta memang tidak pernah ada bosannya. Kotanya selalu memiliki kesan yang menyentuh setiap orang yang datang ke sana. Namun tidak lengkap jika ke Yogyakarta tanpa mengunjungi salah satu situs bersejarah yang sudah mendunia, Borobudur. Meski letaknya ada di magelang, namun candi terbesar tersebut selalu saja dimasukkan ke dalam paket wisata jika ke kota yang memiliki kuliner gudeg itu. Hal tersebut karena lokasinya yang cukup dekat dengan kota ini.

Tentunya sudah banyak yang pernah mengunjungi candi yang menjadi peninggalan dinasti Syailendra itu, bukan? Namun bagi yang belum pernah, tentunya harus membuat agenda untuk bisa sampai dan melihat langsung keseruan yang bisa dilakukan di sana jika tidak ingin merugi.

Memangnya apa saja sih keseruan yang bisa dilihat di sana? Apakah hanya bisa mengabadikan lewat fotografi saja? Ya lewat fotografi itulah keseruan yang bisa kita lakukan, namun harus dengan paparan sinar matahari pagi yang indah dengan sebutan sunrise. Setidaknya terdapat lima tempat bagi kita agar bisa menikmati indahnya sinar matahari pagi dalam Borobudur. Di mana sajakah itu?

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
brobali.com

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang lokasinya ada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bukit yang mulai kesohor ini memiliki nama lain, yakni Borobudur Nirvana Sunrise. Tentunya tidak salah dinamai seperti itu karena memang hasil yang akan didapat ketika kita ke sana memang menakjubkan.

Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl itu kini sudah ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tujuannya satu, yakni untuk melihat secara langsung keindahan dari megahnya Borobudur dengan cara yang tidak biasa. Bukit yang penuh dengan deretan area hijau, rumah penduduk, dan tentunya bagian atas candi tersebut pertama kali ditemukan melalui film AADC 2.

Gereja Ayam

Gereja Ayam
rynari.wordpress.com

Sesuai namanya, bangunan ini merupakan tempat ibadah umat kristiani yang berbentuk menyerupai ayam jika dilihat dari atas. Namun kini tempat ini sudah tidak lagi digunakan sebagai tempat untuk beribadah. Meski begitu, kini makin banyak orang yang datang ke sana, bukan untuk beribadah, melainkan untuk melihat keindahan Borobudur dengan sinar matahari paginya.

Sebagai tempat kedua setelah Punthuk Setumbu, Gereja Ayam menjadi tempat yang tepat untuk melihat keindahan tersebut. Lokasinya pun berada tidak jauh dari Punthuk Setumbu, dan hanya diperlukan waktu beberapa menit saja dengan jalan kaki. Dari sana bersiaplah untuk melihat puncak Borobudur yang masih diselimuti oleh kabut.

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong
bintang.com

Tempat yang satu ini sudah menjadi ladang bisnis. Kondisinya yang masih perbukitan, namun sudah mendapatkan penataan yang lebih rapi, seperti adanya rumah pohon layaknya di Kalibiru dan juga jembatan bambu yang cocok dijadikan spot untuk fotografi. Yang tidak kalah menarik tentunya memotret keindahan Borobudur sebagai latarnya. Deretan stupa yang ada di sana bisa kita potret sesukanya. Dengan catatan sedang tidak banyak pengunjung karena kawasan yang ada di Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur ini selalu ramai oleh wisatawan.

Bukit Purwosari

Bukit Purwosari
ranseltua.com

Bukit yang lokasinya ada di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur ini memiliki nama lain Purwosari Hill. Bukit yang satu ini sudah cukup akrab dengan para wisatawan mancanegara. Lokasi bukit inipun masih berdekatan dengan Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam. Cobalah untuk bisa datang di pagi hari dan nikmati indahnya kabut yang menyelimuti candi Borobudur tersebut.

Punthuk Kendil

Punthuk Kendil
yogakurnianto.blogspot.co.id

Tempat lainnya yang bisa melihat keindahan Borobudur di pagi hari adalah Punthuk Kendil. Lokasinya ada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Area ini juga sudah menjadi area komersial, dan salah satu yang menarik dan menonjol adalah spot foto dalam panggung yang terbuat dari bambu. Dari Punthuk Kendil ini kita bisa melihat beberapa keindahan selain Borobudur, yakni Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan juga Gunung Merbabu yang semuanya ada di Jawa tengah.

Dari kelimat tempat itulah kita bisa menikmati indahnya Borobudur dengan cara yang tidak biasa, khususnya di pagi hari. Dengan sedikit perjuangan maka keindahan yang sulit ditandingi oleh apa pun bisa dinikmati. Selamat berlibur!

 

loading...
Admin
Admin

Pejuang Artikel

Admin Resmi, Warga Negara Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.