Bandung merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat  yang terkenal dengan potensi wisata alamnya dengan menyuguhkan berbagai panorama alam yang sungguh luar biasa yang tersebar di berbagai lokasi di Bandung. Salah satu lokasi yang merupakan favorit saya adalah di daerah Lembang. Udaranya yang sejuk khas pegunungan dapat kita rasakan ketika kita berada di Lembang. Karena letaknya di dataran tinggi, tak heran jika banyak destinasi tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam, kuliner sampai wisata pendidikan bagi para pengunjung di Lembang. Di sini, saya akan berbagi beberapa destinasi dari wisata alam, kuliner dan pendidikan yang patut di kunjungi ketika berada di Lembang.

1. Grafika Cikole Lembang

https://forum.maxmanroe.com

Grafika Cikole merupakan suatu pondok penginapan yang bernuansa alam dimana bangunannya berbahan kayu. Bangunan pondok ini bentuknya seperti rumah dan perkampungan Hobbit yang ada di film Lord of The Rings dan perkampungan kurcaci yang ada di film Snow White yang dilengkapi dengan perapiannya di lahan hutan pinus. Area pondok berada di puncak bukit dengan pemandangan hutan pinus dengan suhu mencapai 20%. Pondok ini dapat menampung 4 hingga 6 orang. Di setiap rumah juga dilengkapi fasilitas kamar mandi,televisi, dan lain-lain.

Bagi pengunjung yang hobi kuliner, di Grafika ini juga terdapat restoran yang melayani 24 jam dan menyajikan menu ala Sunda, Seafood, Western dan Chinesefood. Di saat pengunjung menikmati hidangan,sekumpulan hiburan berupa live music, pertunjukkan tari Jaipong dan angklung akan menemani saudara. Ada juga area tempat makan ala pedesaan yang menarik seperti  pendopo hutan, aula bambu dan saung lesehan. Grafika Cikole juga menyediakan arena permainan menarik yang berhubungan dengan alam dan tantangan yaitu arena outbound keren. Pengunjung juga dapat memetik buah strawberry ketika musim panen dengan membayar uang berkebun.

Kalian yang ingin merasakan sensasi berlibur bak negeri dongeng, kunjungi saja Grafika Cikole yang berlokasi di pondok wisata alam Cikole Lembang yang beralamat di Jl. Raya Tangkuban Perahu km 8, Desa Cikole Kec. Lembang Kab. Bandung Jawa Barat.

 2. De’Ranch

https://www.foody.id/article/4-tempat-makan-sambil-wisata-keluarga-di-bandung-saat-libur-lebaran-550

Obyek wisata yang mulai dibuka pada tahun 2007 ini bermula dari sebuah tempat pemeliharaan serta pertenakan sapi perah dan juga kuda. Jadi dapat dibayangkan bukan ? seperti apa De’Ranch itu.

Yup, obyek wisata De’Ranch adalah suatu obyek wisata yang mengusung konsep ala koboy Amerika dengan background pemandangan alam yang sangat eksotis, terlihat pepohonan hijau asri di sepanjang mata memandang  dan udara yang sejuk menambah suasa berpetualang lebih menyenangkan. Pengunjung ditantang menjelajah jengkal demi jengkal lokasi De Ranch menggunakan Kuda lengkap memakai atribut cowboy seperti topi cowboy, baju cowboy, sepatu cowboy dan lainnya.

De’Ranch memiliki fasilitas permainan edukatif nya loh ? Ada latihan berkuda, latihan ternak kuda dan sapi, latihan membuat kue khas De Ranch, memerah susu sapi dan lain-lain. De’Ranch juga menyediakan fasilitas rekreasi keluarga, pusat wisata kuliner serta pusat wisata belanja di dalam satu kawasan.

Gimana? Tertatik untuk berkunjung dan merasakan sensasi ala kowboy ? kunjungi saja alamat di Jln.Maribaya No 17, Lembang Bandung ( Lokasinya 200 meter dari pertigaan pasar Lembang )

3. Observatorium Bosscha Lembang

https://www.pergidulu.com/observatorium-bosscha-lembang/

Suka banget sama dunia perbintangan ?

Observatorium Bosscha Lembang adalah tempat yang cocok untuk kalian. Karena Observatorium ini merupakan satu-satunya tempat untuk melakukan pengamatan bintang di Indonesia. Sebelum berkunjung ke sini, ndak afdhol donk ya kalau belum mengenal sejarahnya.

Observatorium Bosscha di bangun pada tahun 1923 hingga tahun 1928 oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) dengan tujuan memajukan ilmu astronomi di Hindia Belanda. Nama Bosscha diambil dari nama Karel Albert Rudolf Bosscha yaitu seorang tuan tanah di perkebunan teh malabar yang menjadi penyandang dana utama pembangunan peneropongan bintang ini, yang berjanji akan memberikan bantuan untuk pembelian teropong bintang. Kini Observatorium Bosscha menjadi bagian dari Institute Teknologi Bandung dimana keberadaan teropong bintang ini difungsikan sebagai lembaga penelitian dan pendidikan formal astronomi di Indonesia.

Observatorium Bosscha Lembang terdapat layanan program kunjungan baik siang maupun malam. Kunjung malam hari, pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop zeis dan melakukan peneropongan dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg dengan catatan cuaca dalam keadaan cerah tidak berkabut dan tidak hujan. Program kunjungan malam ini hanya dibuka pada saat musim kemarau yaitu antara bulan April sampai Oktober. Observatorium ini berlokasi di Jl. Peneropongan Bintang Lembang.

4. Floating Market

http://sparklepush.com

Kalian udah biasakan ya, belanja di Mall atau pasar swalayan yang dilengkapi AC ?

Di Lembang ada pasar dan sekaligus tempat wisata yang unik dan memiliki pemandangan yang indah. Namanya adalah Floating Market “Pasar Terapung”. Sesuai namanya, pasar ini mengapung di sebuah danau yang bernama Danau Siti Umar sebagai pusatnya. Floating Market Lembang ini beralamat di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang merupakan sebuah kawasan wisata seluas lebih dari 7 hektar.

Pasar terapung bukan pasar yang seperti di Mall, karena pasar apung ini tidak berjualan sayur, buah, atau daging mentah, melainkan menjajakan berbagai jenis makanan dan jajanan yang enak, misalnya baso tahu, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, otak-otak, ketan bakar, duren bakar, jamur, dim sum, dll dengan harga yang bervariasi.

Terdapat juga berbagai wahana permainan dan kegiatan belajar menarik yang sangat cocok untuk anak kecil dan keluarga:

a. Memberi makan ikan

b. Memberi makan angsa

c. Memberi makan kelinci

d. Kano

e. ATV

f. Flying fox

g. Perahu kayuh

h. Sepeda air

i. Sampan

j. Kebun petik strawberry

k. Kebun sayur organik

Untuk dapat berbelanja dan bermain di wahana permainan Floating Market Lembang, saudara harus menukarkan uang anda dengan koin khusus. Koin khusus ini ada 4 jenis dengan 4 warna berbeda sesuai dengan nilai koin tersebut. Nilai koin yang ada yaitu 5,000 (kuning), 10,000 (biru), 50,000 (pink), dan 100,000 (oranye). Uang yang sudah ditukarkan tidak dapat dikembalikan.

5.Frame House

https://i0.wp.com/www.urbandung.com

Konsep dari Frame House ini merupakan gabungan dari konsep Grafika Cikole dan De’Ranch karena masih satu lingkup. Wisata ini mengusung konsep peternakan, area perkebunan, dan desa kurcaci “Rumah The Hobbit” menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto-foto.

Dipintu masuk Farm House, pengunjung dapat menukarkan tiket masuk dengan Susu murni berbagai rasa dan sosis bakar. Tempat ini juga difasilitasi dengan taman yang terdapat berbagai macam tumbuhan dan hewan seperti ayam, burung, kelinci hingga kuda. Di Frame house juga restoran dan menyediakan tempat untuk acara pre-wedding sampai pesta pernikahan.

Bagaimana menurut saudara tentang Lembang ? Walaupun berada di satu tempat wisata, para pengunjung dapat menikmati 3 wisata sekaligus dari wisata alam, kuliner dan permainan edukasi. Pasti ingin segera mengunjunginya bukan ?

Baca juga: Wisata HITZ “Terpopuler” Kota Batu Malang

loading...
Afit Lilis Damayanti
Afit Lilis Damayanti

Keluar dari Zona Nyamanmu dan temukan Keseruan di Luar sana :)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.